Ini Daftar Pemenang Lomba Karya Ilmiah Kementerian PUPR soal Air Tanah

Bima Bagaskara - detikEdu
Rabu, 30 Mar 2022 16:13 WIB
Ditjen SDA PUPR
Foto: Ditjen SDA PUPR
Bandung -

Lomba Karya Ilmiah bidang Sumber Daya Air untuk Siswa SMA/SMK/MA Tingkat Nasional XV sukses digelar. Dengan tema 'Air Tanah: Memahami, Memanfaatkan dan Melindungi', lomba ini diikuti oleh ratusan peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

Lomba karya ilmiah ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Air Dunia ke-30 Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian, sinergitas dan semangat untuk menjaga kelestarian sumber daya air.

Adapun final lomba bertempat di Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air di Jalan Ir Juanda, Dago, Kota Bandung yang dibuka langsung oleh Direktur Bina Teknik Sumber Daya Air Muhammad Rizal.

Proses seleksi lomba karya ilmiah ini telah dilaksanakan sejak 16-18 Maret 2022 silam, yang menyeleksi 334 makalah ilmiah. Dari ratusan karya ilmiah yang masuk, tercatat ada lima karya yang lolos ke babak final.

"Untuk lomba karya ilmiah ini sangat menggembirakan, diikuti 334 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan sedang berlangsung final lima besar yang menunjukan bahwa generasi muda itu tertarik di dalam memelihara SDA," kata Rizal saat diwawancarai, Rabu (30/3/2022).

Menurutnya lomba karya ilmiah itu sengaja dihadirkan untuk kalangan pelajar SMA sederajat guna meningkatkan pemahaman serta kepedulian para generasi muda terhadap pengelolaan sumber daya air.

Selain itu, lomba ini juga menjadi wadah untuk meningkatkan minat para pelajar dalam melakukan kegiatan ilmiah khususnya di bidang sumber daya air.

"Generasi muda memang yang akan meneruskan pembangunan, pelestarian dan mereka yang akan menentukan keberlanjutan SDA. Dengan ini menggugah perhatian mereka untuk menjaga SDA yang ada," ungkapnya.

Adapun hasil pemenang lomba yakni karya ilmiah SMA Kristen Trimulia HITS Bandung Jawa Barat berhasil meraih Juara I, MAN 1 Jembrana Bali meraih Juara II, MAN Insan Cendikia Kota Kendari Sulawesi Tenggara meraih Juara III, SMA Yayasan Pupuk Kaltim Kalimantan Timur sebagai Harapan I dan SMA NU Al Ma'ruf Kudus Jawa Tengah sebagai Harapan II.

Selain lomba karya ilmiah untuk pelajar, juga diselenggarakan lomba karya tulis inovatif bagi pejabat perbendaharaan di lingkungan Kementerian PUPR. "Karena temanya spesifik sekali soal SDA jadi didominasi dari Ditjen SDA. Ada 150 karya tulis inovatif dan sudah mendapatkan juara 1 hingga 4," tutup Rizal.



Simak Video "Konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai, Ditargetkan Rampung 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia