Kementerian PUPR Gelar Lomba Karya Ilmiah Tingkat SMA, Ini Tujuannya

Bima Bagaskara - detikEdu
Rabu, 30 Mar 2022 18:14 WIB
Kementerian PUPR
Foto: Bima Bagaskara/detikcom
Bandung -

Lomba Karya Ilmiah Bina Teknik Sumber Daya Air telah selesai digelar. Lima karya terbaik dari pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan ratusan karya lainnya.

Lomba karya ilmiah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Air Dunia ke-30 Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR.

Direktur Bina Teknik Sumber Daya Air Muhammad Rizal mengatakan total ada 334 peserta yang mengirimkan karya ilmiah. Dari jumlah itu, terpilih lima karya ilmiah terbaik.

"Untuk lomba karya ilmiah ini sangat menggembirakan, diikuti 334 peserta dari berbagai daerah di Indonesia," kata Rizal saat diwawancarai di Gedung Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air Jalan Ir Juanda Dago, Kota Bandung, Rabu (30/3/2022).

Menurutnya lomba karya ilmiah itu sengaja dihadirkan untuk kalangan pelajar SMA sederajat guna meningkatkan pemahaman serta kepedulian para generasi muda terhadap pengelolaan sumber daya air. Selain itu, lomba ini juga menjadi wadah untuk meningkatkan minat para pelajar dalam melakukan kegiatan ilmiah khususnya di bidang sumber daya air.

Lima karya ilmiah yang menjadi juara yaitu makalah dengan judul 'Konservasi Air Tanah dengan Metode Trisures' dari SMA Kristen Trimulia HITS Bandung Jawa Barat, dinobatkan sebagai juara pertama.

'Pelestarian Hutan Bambu Secara Adat Sebagai Upaya Melindungi Sumber Daya Air Tanah Di Bali' dari MAN 1 Jembrana Bali sebagai juara kedua, 'Analisis Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Pesisir Kecamatan Abeli dan Nambo Kota Kendari' dari MAN Insan Cendikia Kota Kendari Sulawesi Tenggara sebagai juara ketiga.

Kemudian untuk juara harapan satu yakni 'Analisis Pemanfaatan dan Pengelolaan Air Tanah di Kampung Sidrap, Bontang' dari SMA Yayasan Pupuk Kaltim Kalimantan Timur dan juara harapan kedua 'BIOTA, Sistem Biopori Sebagai Konservasi Tanah Dalam Menghadapi Perubahan Iklim Berbasis Internet Of Things' dari SMA NU Al Ma'ruf Kudus Jawa Tengah.

Karya ilmiah itu sebelumnya telah diseleksi oleh tim dewan juri yang berasal dari berbagai kalangan seperti Robert M. Delinom (LIPI), Robertus Wahyudi Triweko (Universitas Katolik Parahyangan), Eko Winar Irianto (Kementerian PUPR), Djuandalinsyah (Kemendikbudristek RI) dan Heni Rengganis (Masyarakat Hidrologi Indonesia).

"Selamat kepada para juara. Alhamdulilah lomba ini sudah selesai dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada tim dewan juri yang telah menyeleksi ratusan karya," ucap Rizal.

Para pemenang lomba karya ilmiah tersebut berhak mendapatkan penghargaan berupa Trofi Menteri PUPR dan serta uang pembinaan.

(ega/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia