Wagub DKI Sebut Alasan PTM Belum 100%, meski Jakarta Sudah Ada Pelonggaran

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 15 Mar 2022 16:00 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Nahda RU/detikcom)
DKI Jakarta belum bisa PTM 100 persen. Foto: Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Nahda RU/detikcom)
Jakarta -

Pembelajaran tatap muka (PTM) di DKI Jakarta belum serta merta bisa dilakukan dengan kapasitas 100 persen, meski sudah ada pelonggaran sejumlah aktivitas, utamanya transportasi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan, PTM 100 persen tidak harus langsung dilaksanakan karena ada potensi penularan COVID-19. Dia menerangkan, kebijakan PTM diterapkan dengan menyesuaikan situasi Corona di Ibu Kota.

Selain itu, pihaknya juga tengah menunggu arahan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Kami masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat, Kemendikbud, seperti yang sudah kami sampaikan koordinasi terus antara kami dari Disdik dengan pihak kementerian. Prinsipnya nanti disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada," jelas Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (14/03/2022) seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Meski demikian, Riza selanjutnya menyebutkan adanya kemungkinan sekolah akan menggelar PTM 100 persen sebagaimana pelonggaran sebagian sektor juga sudah mulai dijalankan. Namun, dia belum dapat memastikan kapan hal ini akan diberlakukan.

"InsyaAllah ini kalau pelonggaran sudah dimulai, transportasi bahkan sudah sampai 100 persen, Insyaallah PTM juga akan dimulai sampai 100 persen. Tapi waktu persisnya silakan nanti sedang dalam evaluasi segera akan disampaikan," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (15/03/2022).

Dia turut menyebutkan PTM 50 persen di DKI Jakarta sejauh ini berjalan baik tanpa ada penularan signifikan, tetapi pihaknya meminta agar lebih berhati-hati.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang menggelar PTM 50 persen sejak awal bulan Februari. Kebijakan ini dilakukan untuk meminimalisir penularan COVID-19 terutama varian Omicron.

Pekan lalu, Kepala Subbagian Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah juga memastikan DKI Jakarta masih memberlakukan PTM 50 persen.

"Iya, masih (50%)," tegasnya pada Kamis (10/03/2022).

Berdasarkan SKB 4 Menteri, wilayah berstatus level 2 bisa melakukan PTM 100 persen. Namun, Taga menyebutkan bahwa Pemprov masih memberlakukan PTM 50 persen karena belum ada ketentuan dari Kemendikbudristek.

"Jadi memang untuk Dinas Pendidikan belum ada arahan lebih lanjut terkait hal ini karena menunggu kebijakan dari Kemendikbudristek," ujar Taga.



Simak Video "Kapasitas PTM di Daerah PPKM Level 2 Boleh 50 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia