PTM Jakarta Masih Berlaku 50 % Meski Bisa 100 %, Ini Alasan Disdik DKI

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 10 Mar 2022 19:25 WIB
Sejumah siswa-siswi mengikuti pembelajaran tatap muka di kawasan SDN Rawa Badak Selatan 01, Koja, Jakarta Utara, Jumat (4/2/2022). Saat ini pembelajaran tatap muka 50 persen kembali diberlakukan di Jakarta.
PTM DKI Jakarta 50 persen. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pembelajaran tatap muka (PTM) di DKI Jakarta masih diterapkan dengan kapasitas 50 persen dengan statusnya yang sekarang berada di PPKM level 2. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Sub-Bagian Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah.

"Iya, masih (50%)," tegas Taga pada Kamis (10/03/2022) seperti disebutkan oleh detiknews.

Berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta yang terbaru tentang perpanjangan PPKM level 2, PTM terbatas di Jakarta merujuk ke SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 dan Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2 Tahun 2022 mengenai Diskresi SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

Menurut SKB 4 Menteri, daerah dengan PPKM level 2 sebetulnya bisa melaksanakan PTM 100 persen. Akan tetapi, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyampaikan mereka masih menunggu arahan Kemendikbudristek sehingga saat ini masih menerapkan PTM 50 persen.

"Jadi memang untuk Dinas Pendidikan belum ada arahan lebih lanjut terkait hal ini karena menunggu kebijakan dari Kemendikbudristek," ucap Taga.

Senada dengan Taga, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnya turut menegaskan pihaknya masih menunggu kebijakan Kemendikbudristek.

"Terkait PTM sekalipun di level 3 kita melaksanakan 50% dan ketentuan kalau dilihat di level 2 bisa jadi 100% terbatas. Namun kami masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat, dalam hal ini dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset. Jadi tunggu dulu ya," ujarnya kepada detiknews, Selasa (08/03/2022) lalu.

Sebelumnya, PTM 100 persen sempat diberlakukan di DKI Jakarta ketika berstatus PPKM level 1 dan 2. Tetapi, kapasitasnya turun menjadi 50 persen ketika statusnya menjadi level 3.

Kini, status PPKM level 2 DKI Jakarta ini akan berlaku sampai 14 Maret 2022 mendatang. Nah, kalau detikers sekolah PTM 50 persen atau 100 persen?



Simak Video "Omicron Meningkat, Menko PMK: PTM Tetap Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia