PPKM Level 2, Kapan PTM 100 Persen Jakarta Digelar?

PPKM Level 2, Kapan PTM 100 Persen Jakarta Digelar?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 08 Mar 2022 14:34 WIB
Sejumah siswa-siswi mengikuti pembelajaran tatap muka di kawasan SDN Rawa Badak Selatan 01, Koja, Jakarta Utara, Jumat (4/2/2022). Saat ini pembelajaran tatap muka 50 persen kembali diberlakukan di Jakarta.
Foto: Pradita Utama/PPKM Level 2, Kapan PTM 100 Persen Jakarta Digelar?
Jakarta -

Pemerintah kembali mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbaru untuk beberapa wilayah. Terbaru, Jabodetabek turun dari level 3 ke PPKM level 2.

Dengan kondisi ini, DKI Jakarta juga memberlakukan PPKM level 2 selama sepekan ke depan hingga 14 Maret 2022. Beberapa sektor termasuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kembali menyesuaikan level PPKM terbaru.

Menanggapi perubahan menjadi PPKM level 2 dan nasib PTM, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan masih menunggu kebijakan pemerintah pusat. Termasuk untuk penerapan PTM 100 persen.

"Terkait PTM sekalipun di level 3 kita melaksanakan 50% dan ketentuan kalau dilihat di level 2 bisa jadi 100% terbatas, namun kami masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat. Jadi tunggu dulu ya," jelasnya dikutip dari detikNews, Selasa (8/3/2022).

Riza mengungkapkan, kebijakan pusat yang dimaksud adalah informasi resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). PTM 100% pernah diterapkan ketika Jakarta level 1 dan 2 PPKM.

Namun belum lama ini, Jakarta menerapka PTM terbatas 50 persen saat berstatus PPKM level 3. Karena saat ini belum ada arahan dari pemerintah pusat, Riza menuturkan DKI masih menerapkan PTM terbatas 50%.

"Sejauh ini kita masih memberlakukan PTM sebesar 50% hingga adanya arahan terbaru dari pemerintah pusat," kata Riza.

Kebijakan PTM 50% ini tentu telah sesuai dengan aturan Surat Edaran (SE) tentang Diskresi SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

Berdasarkan SE tersebut, daerah dengan status PPKM level 2 dapat menyelenggarakan PTM terbatas dengan kapasitas 50 persen dari ruang kelas. Orang tua atau wali juga diberikan pilihan PTM terbatas atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk siswa.

Menurut Riza, setidaknya ada 10.429 sekolah yang siap menjalani PTM terbatas 100%. Riza tak menampik apabila ada kasus yang muncul selama PTM di masa PPKM level 3, meski tidak dalam jumlah besar.

"Jadi nggak ada kasus yang luar biasa ya mudah-mudahan ke depan kita bisa tingkatkan lagi PTM," tuturnya.



Simak Video "Sederet Aturan PPKM Level 1 Jabodetabek, WFO-Kafe Kapasitas 100%"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia