Perkenalkan Keishia Thorpe, Pemenang Guru Terbaik Dunia versi UNESCO

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 12 Nov 2021 10:30 WIB
Keishia Thorpe
Foto: Screenshoot Youtube Global Teacher Prize
Jakarta -

Keishia Thorpe berhasil memenangkan penghargaan guru terbaik di dunia UNESCO. Ia juga berhasil mendapatkan hadiah sebesar US$ 1 juta dolar atau sekitar Rp 14 miliar. Keishia merupakan guru sekolah menengah yang mengajar anak-anak imigran di Amerika Serikat.

Saat mendapatkan penghargaan tersebut, ia dikelilingi oleh anggota keluarganya dan kegirangan.

"Saya hanya berterima kasih kepada Tuhan untuk momen ini," ujar Keishia yang dikutip dari Reuters.

"Ini untuk mendorong setiap anak laki-laki dan perempuan kulit hitam kecil yang terlihat seperti saya, dan setiap anak di dunia yang merasa terpinggirkan dan memiliki cerita seperti saya, dan merasa mereka tidak pernah berarti. Kita harus memastikan agar semua siswa memiliki kesempatan yang sama yang tidak dibatasi oleh UU yang diskriminatif," kata pemenang guru terbaik dunia UNESCO tersebut.

Keishia sendiri merupakan guru bahasa Inggris kelas 12 di International High School Langley Park in Bladensburg, Maryland. Di sekolahnya, 85% siswa merupakan hispanik dan 95% di antaranya berpenghasilan rendah.

Alasan Keishia menjadi guru bagi anak-anak tersebut karena mereka sama seperti dirinya. Ia tumbuh dalam kemiskinan di Jamaika, sebelum mendapatkan beasiswa di Amerika Serikat.

Perjuangannya menjadi guru dimulai saat ia menjadi tutor sekolah di kota dan melihat kurangnya kesempatan yang dihadapi oleh siswa.

Setelah mengajar, Keishia menjadi advokat bagi siswa minoritas untuk mendapatkan akses yang sama dalam hal pendidikan. Ia juga mendirikan layanan dukungan tidak berbayatr atau gratis untuk para siswa imigran dan keluarga mereka.


Tidak hanya memenangkan penghargaan UNESCO, Keishia juga berhasil menjadi pemenang hadiah utama dalam kategori 'Lifechanger of the Year' Grand Prize Winner untuk tahun 2018-2019.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan untuk guru yang menginspirasi bagi para siswa. Keishia juga telah mengajar selama 16 tahun, ia juga membantu para siswanya untuk persiapan ke perguruan tinggi, memperluas akses subsidi seperti bantuan keuangan dan beasiswa penuh.

Karena dedikasi serta jasanya yang tulus dan konsisten, UNESCO memberikan penghargaan sebagai guru terbaik di dunia. Sebelumnya penghargaan ini diraih oleh Ranjitsinh Disale karena jasanya untuk mengajar perempuan miskin di India Barat.



Simak Video "UNESCO Tetapkan 4 Pulau di Jepang Sebagai Daftar Warisan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia