Masih Sisa Rp 9 T, Kemendikbud Minta Sekolah Segera Manfaatkan Dana BOS

Angling Adhitya Purbaya - detikEdu
Kamis, 28 Okt 2021 20:30 WIB
Dana BOS, Kasus Lagi
Foto: detik
Semarang -

Seluruh sekolah di Indonesia yang mendapat bantuan operasional sekolah (BOS) diminta untuk segera memanfaatkan dana tersebut hingga akhir tahun ini. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyebut masih ada Rp 9 triliun dana BOS yang belum terserap.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek Jumeri dalam seminar "Peran dana BOS dalam rangka Akselerasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas" yang diikuti oleh guru serta kepala sekolah di Kota Semarang.

Jumeri mengatakan jika sekolah masih ada Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan (Silpa), maka tahun depan dana Bos yang diberikan berkurang.

"Jadi misalnya tahun besok harusnya nerima 500, ada Silpa 100, ya nerima 400 aja besok. Tapi itu kalau bisa dihindari. Karena kalau ada Silpa itu pemahaman orang itu tidak butuh duit, duite turah (uangnya berlebih), kata Jumeri, Kamis (28/10/2021).

Ia menambahkan, "Mestinya uang itu bisa dipake dibelanjakan ke toko-toko bisa menggerakkan ekonomi, kan bayangin Rp 9 triliun kan gede juga, ya. Bisa menggerakkan ekonomi masyarakat."

Jumeri pun menyebutkan sebenarnya dana BOS bisa digunakan untuk perlengkapan protokol kesehatan mengingat pembelajaran tatap muka sudah dimulai.

"Ini belum terdeksi (berapa Sekolah yang masih ada Siapa) karena belum akhir tahun. tapi karena ini mau akhir tahun, kita berikan warning supaya dibelanjakan. Dana BOS bisa dipakai buat prokes? Bisa banget, bisa untuk perlengkapan prokes," ujarnya.

Ia meminta sisa waktu kurang dari tiga bulan hingga akhir 2021 dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menggunakan dana BOS yang telah diterima.

"Ini masih ada waktu bulan Oktober November dan Desember untuk membelanjakan uang itu, kami tidak membatasi lagi sekarang, sekarang lebih mereka. Tapi ini sebenarnya tergantung kepala sekolahnya aja, kurang kreatif aja dan sebagainya. Ini kan uang negara," kata Jumeri.



Simak Video "Nadiem Pastikan Seluruh Sekolah Dapat BOS, Tak Ada Minimal 60 Siswa"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia