Kisah Guru Honorer di Ngawi Tinggal dengan Kambing & Bergaji Rp 350 Ribu

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 25 Okt 2021 13:06 WIB
Guru honorer SD di Ngawi tinggal serumah dengan kambing. Guru ini yakni Sri Hartuti (42).
Foto: Sugeng Harianto/detikcom
Jakarta -

Seorang guru honorer di Ngawi, Jawa Timur, tinggal serumah dengan enam ekor kambing bersama keluarganya. Dia adalah Sri Hartuti (42), pengajar di SDN Pandean 4.

"Benar saya tinggal di rumah sekaligus buat kandang kambing," terangnya, seperti dilansir dari detiknews pada Senin (25/10/2021).

Sri merupakan guru honorer kelas IV SD dan sudah sejak tahun 2007 mengajar di sekolah tersebut. Per bulan, Sri mengaku mendapatkan gaji Rp 350 ribu.

"Iya betul segitu, Rp 350 ribu. Biasanya setiap tanggal 1 sampai 5 (terima honor). Tapi kadang kalau telat ditalangi teman yang sudah ASN," terangnya.

Guru honorer tersebut menyampaikan bahwa dia dan suami, Andi Nugroho (42), tinggal serumah dengan kambing sebelum memiliki hunian yang lebih nyaman. Keduanya dan ketiga anak mereka sudah tinggal tiga bulan di sana karena tidak ingin merepotkan nenek serta orang tua.

Sri mengatakan sudah memelihara kambing sejak SMA dan bisa membeli tanah dari hasil berjualan kambing. Dia bercita-cita membangun rumah yang layak dari tanah tersebut.

"Pindah ke sini karena ingin mandiri saja. Alhamdulillah berkat memelihara kambing sejak SMA saya sekarang sudah bisa nyelengi beli tanah nanti buat dibangun," imbuhnya.

Namun, Sri juga berharap agar pemerintah dapat segera mengangkat para guru honorer yang sudah lama mengabdi.

"Harapan saya dan kita semua guru honorer yang sudah mengabdi lama bahkan lebih lama dari saya, mohon untuk diangkat jadi ASN," harapnya.

Menyusul pemberitaan tentang dirinya, Pemerintah Kabupaten Ngawi hendak membantu membangun rumah Sri. Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko telah mengunjungi rumah guru honorer itu dan membenarkan soal bantuan membangun rumah.



Simak Video "Hari Guru Nasional, Ganjar Minta Gaji Guru Honorer Sesuai UMK"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia