Mahasiswa UM Surabaya Bisa Lulus Tanpa Skripsi UM, Ini Skema yang Diterapkan

Mahasiswa UM Surabaya Bisa Lulus Tanpa Skripsi UM, Ini Skema yang Diterapkan

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Minggu, 30 Okt 2022 12:00 WIB
Wisudawan UM Surabaya yang lulus tanpa skripsi
Wisuda UM Surabaya. Foto: Humas UM Surabaya
Jakarta -

Jika umumnya seseorang yang memperoleh gelar Sarjana harus mengerjakan skripsi, lain halnya dengan puluhan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.

Mereka justru bisa lulus dan mengikuti prosesi wisuda tanpa mengerjakan skripsi lho. Lantas kalau bukan skripsi, apa yang mereka kerjakan untuk mencapai kelulusan?

Penggunaan Skema Konversi

Para mahasiswa yang lulus tanpa mengerjakan skripsi ini ternyata menggunakan skema konversi. Pada skema ini, mereka diizinkan mengganti skripsi menjadi publikasi jurnal ilmiah nasional terakreditasi Science and Technology Index (SINTA) 3-6 maupun ISSN yang dibuktikan minimal mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari pengelola jurnal tersebut.

M. Ridwan, Wakil Rektor 1 UM Surabaya menuturkan di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini, mahasiswa dituntut untuk menghasilkan outcome tugas akhir yang dapat dipublikasikan pada jurnal ilmiah.

"Kebijakan yang telah digulirkan oleh UM Surabaya sejak Pandemi COVID-19 mendorong mahasiswa tingkat akhir untuk mempublikasikan karya tugas akhirnya pada jurnal ilmiah terindeks SINTA 3-6, agar khalayak luas dapat mengakses dan membacanya," jelasnya dikutip dari laman resmi kampus, Minggu (30/10/2022).

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa karya tulis ilmiah yang akan dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional tersebut harus melalui kolaborasi penelitian bersama mahasiswa, serta mengeceknya dalam turnitin dan menggunakan aplikasi sitasi seperti mendeley, zootero, dan lain-lainnya.

Karya Tulis Ilmiah yang Berkualitas

Hal ini bertujuan agar karya tulis ilmiah tersebut betul-betul berkualitas untuk dipublikasikan dan berdampak bagi seluruh sivitas kampus.

"Sehingga dampaknya tidak hanya dirasakan bagi mahasiswa, namun juga bagi dosen dalam rangka kolaborasi riset mahasiswa, dan bagi UM Surabaya dalam meningkatkan jumlah publikasi bagi sivitasnya," jelas Ridwan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari laman sinta3.kemdikbud.go.id, total publikasi sivitas UM Surabaya di Direktori SINTA sebanyak 7.431 dokumen.

Publikasi tersebut mencakup dokumen yang terindeks nasional maupun internasional. Sementara itu, SINTA overall score UM Surabaya mencapai poin 88.560.



Simak Video "Ombudsman Terima Laporan Kasus Kecelakaan Hasya, Ini Proses Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia