Universitas Asal Inggris & Austrasia Buka Cabang di Indonesia, Bakal Ada 3 Fakultas

Universitas Asal Inggris & Austrasia Buka Cabang di Indonesia, Bakal Ada 3 Fakultas

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 19 Okt 2022 11:30 WIB
Lancaster University bekerjasama dengan Pemprov Bandung untuk dirikan universitas di Bandung
Foto: Doc. Lancaster University/Kampus Lancaster di Inggris
Jakarta -

Pemerintah Inggris menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam sektor pendidikan. Pemerintah Inggris akan membentuk pendirian kampus bersama antara Lancaster University, Inggris dan Deakin University, Australia di Jawa Barat.

Kerja sama ini telah beberapa kali mengadakan audiensi dengan Pemerintah Kota Bandung, yaitu pada 25 Mei 2022 dan pada 30 Juni 2022.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyebut Pemkot Bandung menyambut baik rencana pembangunan bersama kedua kampus ini.

"Kami sangat terbuka untuk penawaran kerja sama di bidang pendidikan. Tapi tentunya, perlu ada studi awal untuk menentukan lokasi yang diinginkan (untuk mendirikan kampus bersama)," ujarnya dikutip dari laman bandung.go.id, Rabu (19/10/2022).

Kurikulum yang Sama dengan Universitas Lancaster

Pada Selasa (18/10/2022), pertemuan kembali digelar untuk membahas kerja sama ini. Kali ini antara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins.

Nantinya, terdapat rencana kerja sama bahwa universitas yang dibuka di Jabar akan punya kurikulum pendidikan yang sama dengan Universitas Lancaster di Inggris.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Jabar Ridwal Kamil juga menyampaikan bahwa kerja sama dengan universitas luar negeri bertujuan untuk menyiapkan Sumber Data Manusia (SDM) yang produktif dalam menghadapi tantangan global di 2045.

"Ini dalam rangka persiapan Jawa Barat menyiapkan sumber daya manusia yang siap dengan persaingan global menuju 2045. Nama universitasnya--kalau dari Inggris--Lancester, joint program dengan Universitas Deakin di Australia," kata Ridwan Kamil, dikutip dari laman Pemprov Jabar.

"Mudah-mudahan dalam hitungan bulan, pengumuman hadirnya universitas asal Inggris ini bisa disambut baik, sehingga SDM Jawa Barat mempunyai pilihan yang sifatnya global," imbuh Kang Emil, sapaan akrabnya.

Menghadirkan Top 15 Kampus Terbaik di Inggris

Adapun Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengemukakan, Pemerintah Inggris menyambut baik kolaborasi dengan Pemda Provinsi Jabar, khususnya di dunia pendidikan.

"Ada beberapa kerja sama antara Inggris-Jawa Barat. Inggris sangat fokus kepada pendidikan dengan menghadirkan pendidikan kelas dunia," ucap Owen.

Dia menjelaskan bahwa dalam beberapa tahun ke depan akan hadir di Kota Bandung perguruan tinggi terbaik guna menciptakan SDM yang berkualitas, bekerja sama dengan Universitas Deakin, Australia.

Perguruan tinggi terbaik yang dimaksud ialah Universitas Lancaster. Untuk diketahui, Universitas Lancaster masuk dalam Top 15 Universitas di Inggris, peringkat 146 menurut QS World University Rankings 2023, serta peringkat 122 menurut Times Higher Education World University Rankings 2023.

"Kini Lancaster University sedang mengatur program joint campus bersama Deakin University dari Australia di Jawa Barat," pungkasnya.

Dibuka 3 Fakultas

Sementara itu, dalam kesempatan berbeda, Pro Vice Chancellor Global Lancaster University, Simon Guy menyebut, ke depannya akan ada 3 fakultas yang direncanakan hadir di kampus gabungan ini.

Ketiga fakultas tersebut meliputi bisnis, komputer, dan mesin (engineering). Namun, pihaknya terbuka jika Pemkot Bandung mengajukan opsi fakultas lainnya.

"Kolaborasi (kampus gabungan) ini sebagai upaya menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi bersama," tutur Simon.



Simak Video "'Magnet' Makam Eril Hingga Kucing 'Penjaga' yang Setia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia