Mahasiswa Bisa Double Degree di Unpad dan Rikkyo University Jepang, Tertarik?

Mahasiswa Bisa Double Degree di Unpad dan Rikkyo University Jepang, Tertarik?

Devi Setya - detikEdu
Kamis, 13 Okt 2022 20:00 WIB
Double Degree di Unpad dan Rikkyo University
Kerja Sama Unpad dan Rikkyo University Foto: Humas Unpad
Jakarta -

Universitas Padjadjaran (Unpad) memang memiliki kerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri. Kerja sama ini meliputi program double degree. Salah satunya melibatkan Rikkyo University di Jepang.

Dikabarkan melalui laman resmi UNPAD (13/10/2022) pihak Rikkyo University Jepang baru saja mengunjungi Unpad pada Rabu (12/10/2022). Pada kunjungan kali ini, pihak Rikkyo University bertandang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad.

Bukan sekedar saling sapa, dalam pertemuan ini membahas berbagai peluang kerja sama yang bisa dilakukan antar dua institusi.

Kunjungan Rikkyo University yang diketuai Head of College of Business Department of Global Business Rikkyo University Prof. Mitsuhiko Kataoka ini diterima secara resmi oleh Dekan FEB Unpad Prof. Nunuy Nur Afiah serta pimpinan fakultas dan program studi di lingkungan FEB Unpad.

Kerja sama program double degree

Sebelumnya Unpad dan Rikkyo University sudah pernah menjalin kerja sama dalam program double degree. Namun sayangnya, kerja sama ini sempat terhenti lantaran pandemi COVID-19.

Ketua Program Studi Magister Ekonomi Terapan FEB Unpad Dr. Bayu Kharisma, M.M., M.E., yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, kunjungan ini digelar untuk melanjutkan kembali kerja sama yang telah dilakukan Unpad melalui FEB Unpad dengan Rikkyo University.

Program Double Degree di Prodi Magister Ekonomi Terapan dan Magister Manajemen Unpad dan Rikkyo University sudah dilakukan sejak 2007. Artinya kerja sama bukanlah hal baru bagi dua institusi ini.

"Direncanakan, tahun depan akan dilanjutkan kembali kerja sama Double Degree yang sempat terhenti karena COVID-19," kata Bayu.

Mahasiswa bisa kuliah di Indonesia dan Jepang

Melalui program double degree ini, mahasiswa bisa mengikuti studi di Unpad selama satu tahun dan studi di Rikkyo University selama satu tahun. Tentu tawaran ini tampak menarik, apalagi bisa menyelami ilmu dan kebudayaan dari dua negara sekaligus.

Jangan khawatir soal biaya, bagi mahasiswa yang tertarik dengan program double degree ini bisa mendapatkan dukungan beasiswa dari mitra Pusbindilaktren Bappenas. Beasiswa ini terbuka untuk Prodi Magister Ekonomi Terapan.

Peluang kerja sama Unpad dengan Rikkyo University juga terbuka bagi para dosen. Dosen berkesempatan mengikuti program pertukaran dosen untuk mengajar di Magister Ekonomi Terapan dan Rikkyo University.

Sederet rencana penyelenggaraan seminar pun telah diteken untuk masuk dalam daftar kerja sama ini. "Potensi kerja sama dengan Rikkyo ini bagi pengembangan internasionalisasi program studi, khususnya di prodi MM dan MET Unpad," tutup Bayu.



Simak Video "Fakta-Fakta Ngeri Mahasiswa Unpad Tewas di Tangan Teman Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia