17 Kampus Penyelenggara Wirausaha Merdeka, Yuk Belajar Jadi Entrepreneur!

Devi Setya - detikEdu
Senin, 18 Jul 2022 18:30 WIB
Wirausaha Merdeka 2022
17 Kampus penyelenggara Wirausaha Merdeka. Foto: Tangkapan Layar Web Wirausaha Merdeka
Jakarta -

Wirausaha Merdeka merupakan program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas. Saat ini, ada 17 kampus yang terpilih menjalani program Wirausaha Merdeka.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud (18/7/2022), Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meyakini bahwa para mahasiswa yang mengikuti program Wirausaha Merdeka adalah para calon pemimpin dan inovator bisnis yang dapat memperkecil angka pengangguran, bahkan memperluas jumlah lapangan kerja di Indonesia.

Lewat kegiatan Wirausaha Merdeka, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills dan kemampuan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan hingga 20 SKS perkuliahan.

Perguruan tinggi pelaksana program nantinya akan membuat rencana pembelajaran yang meliputi capaian pembelajaran, bahan ajar, metode dan media, waktu, tempat, mekanisme pelaksanaan dan penilaian, serta tenaga pengajar.

Dikutip dari laman Wirausaha Merdeka, pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka sendiri meliputi pembekalan kompetensi kewirausahaan, peningkatan skill wirausaha melalui praktikum atau magang, peningkatan pengalaman wirausaha melalui pengembangan ide atau implementasi bisnis, atau kegiatan lain yang bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha.

Program Wirausaha Merdeka sendiri dilaksanakan atas kerja sama Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

17 Kampus Penyelenggara Program Wirausaha Merdeka

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Bina Nusantara
  3. Universitas Prasetiya Mulya
  4. Institut Teknologi Bandung
  5. IPB University
  6. Univerisitas Muhammadiyah Surakarta
  7. Universitas Brawijaya
  8. Politeknik Negeri Jember
  9. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  10. Universitas Riau
  11. Politeknik Negeri Batam
  12. Universitas Lambung Mangkurat
  13. Universitas Cenderawasih
  14. Universitas Muhammadiyah Makassar
  15. Universitas Udayana
  16. Politeknik Negeri Kupang
  17. Universitas Ciputra Surabaya

Jadwal Program Wirausaha Merdeka

Proses pelaksanaan program dimulai dengan pendaftaran dan seleksi Perguruan Tinggi Pelaksana Program pada 1-25 Juli 2022. Pendaftaran dan seleksi mahasiswa peserta program dimulai pada awal Juli, dan pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka sendiri akan dilaksanakan selama bulan Agustus - November 2022. Laporan akhir wajib disampaikan sekitar minggu pertama Desember 2022.

Melalui program Wirausaha Merdeka, diharapkan mahasiswa yang memiliki minat dan potensi dalam kewirausahaan dapat terfasilitasi dengan baik serta mendapatkan dukungan berupa mentoring dan pendampingan dari para ahli dan praktisi wirausaha melalui perguruan tinggi pelaksana.

ITB, Salah Satu Kampus Penyelenggaran Wirausaha Merdeka

Dilansir dari situs resmi ITB (18/7/2022), Kemendikbudristek bersama LPDP menggelar Grand Launching Program Wirausaha Merdeka pada Jumat (15/7/2022). Acara ini juga diisi pengumuman Perguruan Tinggi Penyelenggara Wirausaha Merdeka.

Institut Teknologi Bandung terpilih menjadi satu dari tujuh belas Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang mendapat kesempatan memfasilitasi mahasiswa seluruh Indonesia untuk belajar dan mengasah diri dalam ilmu kewirausahaan dan pengembangan bisnis.

Mendikbudristek Nadiem Makarim berpesan bahwa dalam program Wirausaha Merdeka, diharapkan banyak mahasiswa yang terbentuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif melalui pembelajaran kewirausahaan. Pernyataan ini diperkuat dengan target yang disebutkan oleh Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Nizam.

"Paling kurang terdapat 10.000 mahasiswa yang dapat ikut serta dan berani untuk menjadi wirausahawan muda, berani jatuh, berani bangun kembali, berani menerima tantangan, berani menjadi tuan rumah di negeri sendiri, untuk menjadi kebanggaan orang tua dan sekitar yang mampu mempekerjakan banyak pihak," ujar Nizam



Simak Video "Demo Sempat Ricuh, Mahasiswa: Kami Dipukul dan Diancam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia