Menkeu Bicara Dana Abadi PT Rp 7 Triliun & Inovasi Word Class University

Nada Zeitalini Arani - detikEdu
Senin, 27 Jun 2022 18:58 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Foto: Tangkapan Layar YouTube Kemenristekdikbud
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani turut hadir dalam program Merdeka Belajar episode 21: Dana Abadi Perguruan Tinggi pada Senin (27/6/2022). Ia menyampaikan dukungan pemerintah terutama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memajukan taraf pendidikan.

Sri Mulyani menyampaikan latar belakang dana abadi untuk setiap perguruan tinggi negeri (PTN) hadir sejak lama. Kini, bersama dengan Kementerian pendidikan, budaya, riset, dan teknologi (Kemendikbudristek) memberikan dana abadi perguruan tinggi sebesar Rp 7 Triliun yang akan dikelola oleh LPDP.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah terutama presiden Jokowi turut memikirkan perkembangan SDM melalui perguruan tinggi. Oleh sebab itu mengenai dana abadi perguruan tinggi ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 111 tahun 2021. Melalui hal ini, diharapkan bisa menjadi inovasi mencapai world class university yang artinya pemeringkatan, pengakuan, penilaian universitas berskala dunia.

Langkah awal yang dilakukan melalui pemberian dana abadi perguruan tinggi diharapkan bisa membuka pintu-pintu inovasi memandirikan pendanaan. Baik dari kerja sama dengan pihak swasta, kerja sama internasional, hingga donasi dari para alumni.

"Kemandirian dari sisi finansial itu menjadi sangat penting, dan itu selalu dijadikan indikator penting untuk bisa meningkatkan kualitas perguruan tinggi itu. Apalagi kalau kita bicara tentang world class university," tutur Menkeu Sri Mulyani dalam siaran langsung program Merdeka Belajar episode ke-21: Dana Abadi Perguruan Tinggi di kanal YouTube Kemendikbud RI, Senin (27/6/2022).

Diharapkan melalui program ini bisa memacu setiap perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi world class university. Serta perguruan tinggi juga bisa menjadi wadah yang menaungi dan mencetak SDM baik secara peradaban, karakter, dan kemanusiaan. Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa anggaran yang ada akan terus disesuaikan dengan subsidi. Disebutkan bahwa dana abadi perguruan tinggi Rp 7 Triliun akan masih sangat mungkin bertambah.

"Nah, kalau anggaran sudah disediakan maka bagaimana resultnya dan bagaimana mendukungnya," tutur Sri Mulyani.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara direktorat jenderal pendidikan tinggi riset dan teknologi Kemendikbudristek dan LPDP tentang program Dana Abadi Perguruan Tinggi untuk biaya pengembangan world class university. Penandatanganan ini dilakukan oleh Plt Dirjen Dikti Ristek Nizam dan juga Plt Direktur Utama LPDP Andin yang disaksikan langsung Menkeu Sri Mulyani dan Mendikbud Nadiem Makarim.



Simak Video "Sri Mulyani Sempat Diejek Pengamat soal Stimulus Pariwisata di Awal Covid"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia