4 Kota di Pulau Jawa dengan Biaya Hidup yang Ramah Kantong Mahasiswa

Rahma Harbani - detikEdu
Sabtu, 28 Mei 2022 15:15 WIB
Keraton Yogyakarta. 
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi. Ini daftar kota di pulau Jawa dengan biaya hidup termurah. (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Pulau Jawa mungkin menjadi destinasi pilihan bagi siswa untuk melanjutkan studi. Selain memilih perguruan tinggi serta jurusan yang sesuai dengan minat, biaya hidup lokasi tempat kampus berdiri juga menjadi salah satu poin yang dapat dipertimbangkan oleh calon mahasiswa.

Terutama, bagi calon mahasiswa yang berencana merantau jauh dari rumah. Untuk itu, biaya hidup seperti, biaya bahan pangan, transportasi, makanan, hingga sewa kos yang murah dapat membantu untuk mengalokasikan uang saku ke keperluan kuliah dan kebutuhan lain.

Lembaga konsultan pendidikan SUN Education merangkum sejumlah kota di pulau Jawa yang memiliki biaya hidup termurah di Indonesia. Namun perlu diingat, kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia ini bisa berbeda-beda tergantung dari gaya hidup, kebutuhan, dan latar belakang ekonomi tiap orang.

4 Kota di Pulau Jawa dengan Biaya Hidup Termurah

1. Yogyakarta

Yogyakarta masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Di kota pelajar ini, mahasiswa masih bisa menemukan banyak makanan dengan harga di bawah Rp 10.000 per porsinya.

Sementara itu, biaya indekos di Yogyakarta sekitar Rp 300.000-Rp 700.000 per bulannya atau setara dengan setengah dari rata-rata biaya indekos di Jakarta dengan fasilitas sama. Dalam artian, total biaya hidup di Jogja per bulannya bisa berada sekitar Rp 1 juta-Rp 1,5 juta.

Di samping itu, Yogyakarta juga menawarkan beragam pilihan kampus terbaik di Indonesia. Mulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan lainnya.

2. Solo

Solo mungkin menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang berminat berkuliah di Universitas Negeri Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Surakarta, dan Universitas Islam Batik.

Ternyata, solo juga termasuk dalam daftar kota dengan biaya hidup yang ramah di kantong mahasiswa. Biaya hidup di Solo, Jawa Tengah sekitar Rp 1,5 juta per bulan, dengan biaya kos, harga makanan, dan ongkos transportasi kurang-lebih sama dengan Yogyakarta.

3. Cirebon

Selanjutnya, kota dengan biaya hidup termurah dapat ditemukan di wilayah Jawa Barat juga lho. Tepatnya di Cirebon yang biaya hidup bulannya sekitar Rp 1,5 juta - Rp 2 juta dengan termasuk sewa kamar, uang makan, serta transportasi.

Pasalnya, biaya indekos di Cirebon untuk mahasiswa berkisar pada rentang harga sekitar Rp 500.000 - Rp 800.000. Adapun biaya makan sekitar Rp 200.000 - Rp250.000 per minggu.

Beberapa kampus di Cirebon di antaranya yaitu Universitas Swadaya Gunung Djati, Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon.

4. Banyuwangi

Bagi mahasiswa yang berminat untuk mendaftar Universitas Airlangga (Unair), ada kabar baik dari Banyuwangi. Banyuwangi rupanya merupakan kota dengan biaya termurah di Indonesia.

Biaya hidup di Banyuwangi untuk mahasiswa sekitar Rp 1 juta - Rp 1,5 juta per bulan, dengan biaya minimum dapat mencapai sekitar Rp 800 ribu per bulan. Di samping itu, Banyuwangi juga menawarkan sejumlah perguruan tinggi lain seperti Politeknik Negeri Banyuwangi, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, dan Universitas Bakti Indonesia.

Lantas, di mana kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia?

Kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia dapat diketahui melalui hasil Survei Biaya Hidup (SBH) Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012. Menurut survei tersebut, ternyata nama Jakarta muncul sebagai kota dengan biaya hidup yang tinggi.

Berdasarkan keterangan BPS, biaya hidup satu orang yang berkeluarga di Jakarta yaitu sekitar Rp 2,5 juta - Rp 5 juta, tergantung gaya hidup. Adapun, biaya hidup satu keluarga dengan dua anak sekitar Rp 7,5 juta.



Simak Video "Massa Buruh Singgung Program Kampus Merdeka: Perbudakan Modern!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia