5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Ada Kampus Apa Saja?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 17 Mei 2022 15:00 WIB
Gedung Pusat UGM
gedung pusat UGM. Foto: UGM
Jakarta -

Salah satu hal yang dipertimbangkan calon mahasiswa saat memilih kampus adalah menentukan kota tujuan. Terutama kota-kota yang dikenal memiliki biaya hidup murah untuk kalangan mahasiswa.


Secara umum, biaya hidup mahasiswa memang relatif dan berbeda-beda. Namun, beberapa kota di Indonesia dikenal murah karena rata-rata biaya yang dihabiskan per harinya untuk kebutuhan utama.


Berikut ini sederet kota yang dikenal dengan biaya hidup termurah di Indonesia dikutip dari Lembaga Konsultan Pendidikan SUN Education.


Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia:

1. Purwokerto

Purwokerto dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.


Kota yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini merupakan tempat bagi kampus ternama seperti Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) hingga Universitas Muhammadiyah Purwokerto.


Biaya makan di Purwokerto per porsi masih berkisar Rp7.000 - Rp15.000 atau sekitar Rp2 juta per bulan. Bahkan, di pinggiran kotanya, anda masih bisa hidup dengan biaya Rp1 juta per bulan.


2. Yogyakarta

Tak bisa dipungkiri, Yogyakarta menjadi salah satu kota tujuan mahasiswa untuk kuliah karena biaya hidup yang dikenal murah.


Terlebih banyak kampus-kampus favorit di Kota Pelajar ini. Mulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN), hingga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).


Dalam satu bulan, kita dapat hidup di Yogyakarta hanya dengan mengeluarkan 1-1,5 juta rupiah saja.


Hal ini karena masih banyak makanan di jogja yang harganya di bawah 10 ribu rupiah per porsi.


Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk tempat tinggal berupa indekos (kos-kosan) juga berkisar antara 300 hingga 700 ribu saja.


3. Solo

Sama halnya dengan Yogyakarta, Solo merupakan kota lainnya dengan biaya hidup termurah di Indonesia.


Biaya hidup di kota ini sekitar 1,5 juta rupiah, tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta. Dari segi tempat tinggal dan makanan juga mirip dengan Yogyakarta.


Tak heran Kota Solo menjadi salah satu tujuan kuliah favorit bagi calon mahasiswa yang ingin studi di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), hingga Institut Seni Indonesia Surakarta.


4. Banyuwangi

Meski dikenal sebagai destinasi wisata yang indah di Indonesia, Banyuwangi juga menjadi salah satu kota dengan biaya hidup yang murah, menurut hasil laporan survey Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia.


Untuk biaya hidup, cukup merogoh sekitar Rp1 juta sampai dengan Rp1,5 juta per bulan.


Banyak mahasiswa yang melanjutkan kuliah di kota ini di antaranya di Universitas PGRI Banyuwangi.


5. Cirebon

Cirebon juga dikenal sebagai kota dengan biaya hidup yang masih tergolong murah untuk biaya kost, biaya makan, dan hiburan yang berkisar kurang dari Rp1 juta hingga Rp2 juta rupiah.


Kota di Jawa Barat ini juga memiliki kampus favorit, mulai dari Universitas Gunung Jati, Universitas Muhammadiyah Cirebon, hingga Universitas 17 Agustus Cirebon.


Nah, itulah 5 kota yang dikenal dengan biaya murah dan universitasnya. Kalau detikers pilihkota mana?



Simak Video "Aliansi Mahasiswa Demo Protes RKUHP Tiba di DPR, Lalin Tersendat"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia