Data Scientist Punya Prospek Karier yang Menjanjikan, untuk Lulusan Apa Saja?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 27 Mei 2022 20:30 WIB
Cakap memamparkan lima pekerjaan yang dengan prospek menjanjikan di masa depan.
Foto: Cakap/Data Scientist Punya Prospek Karier yang Menjanjikan, untuk Lulusan Apa Saja?
Jakarta -

Data scientist menjadi profesi yang terus berkembang dan dibutuhkan banyak perusahaan. Peluang ini bisa dimanfaatkan lulusan jurusan tertentu yang dibutuhkan untuk posisi Data Scientist. Ada jurusan apa saja itu?

Secara umum, seorang data scientist bertugas menganalisis dan menafsirkan data digital yang kompleks. Informasi yang didapat nantinya akan digunakan untuk membantu perusahaan menganalisis pergerakan di masa lalu, mengembangkan strategi serta merencanakan masa depan.

Dengan kemampuan yang dibutuhkan di bidang teknologi, tak heran jika lulusan jurusan ini akan dibutuhkan hingga masa depan.


Bagi detikers yang ingin memiliki karier sebagai Data Scientist, berikut ini jurusan yang bisa ditempuh dikutip dari laman Universitas Multimedia Nusantara.


Jurusan Kuliah yang Bisa Memiliki Karier Data Scientist:


1. Data Science

Jurusan yang paling linear dengan profesi Data Scientist tentu saja data science. Saat kuliah, jurusan ini akan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan data komputer.

Ketika lulus dari jurusan ini, seseorang punya kemampuan untuk mengumpulkan data, menganalisis data, mumpuni dalam ilmu statistika, data wrangling, transformasi data, dan beberapa bahasa pemrograman.

Dalam perusahaan, seorang data scientist bisa mengolah semua data tersebut untuk kepentingan bisnis atau menentukan arah perusahaan. Kemampuan seorang data scientist semakin dibutuhkan di masa depan.

Menurut sebuah survei oleh Institute for Business Management for Business Value (IBM), kebutuhan akan seorang data scientist melonjak signifikan dalam beberapa tahun terakhir dari sekitar 364.000 menjadi 2.720.000 di seluruh dunia.


2. Statistika

Sebagai seorang Data Scientist, perlu memiliki ilmu statistika karena akan saling berkesinambungan.

Dalam jurusan statistika, seseorang diajarkan bagaimana mengumpulkan, mengelola, menganalisis, menyajikan, hingga menarik kesimpulan data yang ada. Umumnya Statistik mempelajari logika yang terjadi masa lampau untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang.


3. Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi mendalami tentang cara membuat dan pengoperasian perangkat lunak dan keras untuk berinteraksi dengan data.

Program studi ini juga akan mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi informasi dalam suatu organisasi. Mahasiswa juga akan belajar mengenai pengumpulan, penyaringan, dan pendistribusian data.

Selama perkuliahan, kamu akan dibekali berbagai kompetensi di bidang tersebut agar dapat memberikan solusi yang optimal terkait sistem informasi ataupun penyaringan data. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini bisa memiliki karier sebagai seorang data scientist.


4. Teknik Komputer

Jurusan teknik komputer tidak melulu tentang merakit laptop dan komputer saja. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar banyak tentang algoritma, pemrograman, rekayasa perangkat lunak, keamanan komputer, dan lainnya.

Dengan kemampuan yang dimiliki, tak heran jika lulusan jurusan ini juga dibutuhkan di banyak perusahaan untuk posisi Data Scientist.

Itulah sederet jurusan kuliah yang bisa memiliki prospek karier sebagai Data Scientist. Apakah detikers tertarik?



Simak Video "Daftar Pekerjaan yang Akan Tergantikan oleh Robot "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia