8 Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja, Ada Pilihan Kamu?

fahri zulfikar - detikEdu
Senin, 23 Mei 2022 10:45 WIB
close up businessman typing on keyboard laptop at loft office for search data information and knowledge on web browser concept
Ilustrasi pekerja, jurusan kuliah apa yang mudah memperoleh pekerjaan? Foto: Getty Images/iStockphoto/Chainarong Prasertthai
Jakarta -

Beberapa jurusan kuliah ternyata sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan, sehingga memiliki peluang dan prospek karir menjanjikan. Informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan pemilihan jurusan.

Lulusan dari jurusan ini nantinya bisa berkarir di banyak bidang. Misalnya ekonomi, teknik, kesehatan, hingga berbagai bidang manufaktur, perdagangan, atau pelayanan masyarakat.

Dikutip dari Top Universities, berikut daftar jurusan kuliah yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja

8 Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja

1. Manajemen dan Bisnis

Tidak bisa dipungkiri, dunia bisnis yang terus berkembang membuat lulusan jurusan ini terus dibutuhkan. Dengan kecakapan analisis data, lulusan manajemen dan bisnis akan terus dicari di berbagai sektor industri.

2. Akuntansi dan Keuangan

Lulusan jurusan akuntansi dan keuangan merupakan kompetensi yang terus dicari. Karir lulusan ini cukup mudah didapatkan, di antaranya bisa menjadi auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

3. Ekonomi

Berkembangnya dunia bisnis tak lain juga membutuhkan ahli ekonomi. Dengan kecakapan dan kompetensi yang dimiliki, lulusan jurusan ini akan dibutuhkan di sektor perdagangan, produksi, kebiasaan di masyarakat, hukum, pemerintahan, dan politik internasional.

4. Ilmu Komunikasi

Selanjutnya ada jurusan ilmu komunikasi yang cocok bagi lulusan yang memiliki kegemaran dalam bersosialisasi dan berkomunikasi, dan juga cakap berbicara. Prospek kerja bagi lulusan adalah social media strategist, penyiar, jurnalis, atau industri media.

5. Teknologi Informasi

Lulusan jurusan ini menjamin kemampuan optimasi dan pemeliharaan sistem jaringan perusahaan. Untuk mengatur sistem yang tak hanya internet tapi juga infrastruktur aplikasi, lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan perusahaan sehingga cukup mudah didapatkan.

6. Teknik Industri

Lulusan ini kerap dibutuhkan perusahaan untuk berbagai posisi, mulai dari analis sistem, operations engineer, risk advisor, analis program, analis bisnis, analis kontrol proses, industrial engineer, dan pengawas manufaktur.

7. Keperawatan

Di bidang kesehatan, profesi perawat juga akan terus dibutuhkan di dunia kerja masa depan. Terlebih dengan gaya hidup orang yang mulai meningkat kesadarannya soal kesehatan, maka rumah sakit dan klinik akan membutuhkan banyak perawat.

8. Farmasi

Setelah lulus, alumni jurusan farmasi tak hanya menjadi apoteker mandiri atau di rumah sakit. Lulusan jurusan ini juga dibutuhkan sebagai rekan peneliti klinis, ilmuwan pengembangan produk dan proses di perusahaan, petugas urusan regulasi, ilmuwan ilmu hayati, dan ahli toksikologi.

Itulah daftar jurusan kuliah yang dikenal mudah dapat kerja. Apakah ada jurusan detikers?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia