Intip 7 Prospek Karier Jurusan Teknik Informatika, Bisa Jadi Pembuat Game?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 17 Mei 2022 08:30 WIB
Kamar khusus gamer dari artotel group di Bali.
Foto: (dok artotel Group)/Intip 7 Prospek Karier Jurusan Teknik Informatika, Bisa Jadi Pembuat Game?
Jakarta -

Salah satu jurusan teknik yang banyak diminati di perguruan tinggi adalah jurusan teknik informatika. Alasannya karena jurusan teknik ini memiliki prospek karier yang luas.

Mengutip laman Universitas Pasundan (Unpas), jurusan teknik informatika mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), hingga kinerja komputer.

Mahasiswa juga akan belajar terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.


Lantas apa saja prospek karier jurusan teknik informatika? Berikut ini rangkumannya dikutip dari situs Institut Teknologi Bandung (ITB).


7 Prospek Karier Jurusan Teknik Informatika:

1. Programmer

Umumnya, lulusan teknik informatika banyak yang menggeluti profesi ini. Tugas programmer adalah membuat sebuah program tertentu untuk bidang tertentu.

Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informatika sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Misalnya bidang perbankan, telekomunikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.


2. Software Engineer

Di banyak bidang, profesi software engineer selalu membutuhkan lulusan teknik informatika. Profesi ini berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan.

Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.


3. System Analyst dan System Integrator

Selanjutnya lulusan teknik informatika juga bisa melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.

Sebagai seorang system analyst, lulusan teknik informatika juga akan diminta untuk melakukan pengecekan dari system definition, database, sampai perangkat keras yang digunakan di dalam sistem tersebut.


4. Konsultan IT

Bidang teknologi tak pernah kehabisan bagi lulusan teknik informatika. Dengan menjadi seorang konsultan IT, lulusan teknik informatika akan melakukan perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

Perusahaan akan memanfaatkan jasa konsultan IT sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil langkah strategis dalam kaitannya terhadap pengembangan sistem IT.


5. Web Engineer atau Web Administrator

Lulusan ini juga bisa berperan merancang dan membangun website, sekaligus berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya.

Bekerja sebagai Web Engineer atau Web Administrator juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.


6. Game Developer

Berbekal ilmu informatika yang diperoleh termasuk computer graphic, human computer interaction, dan sebagainya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.


7. Pengajar atau Peneliti

Selain yang telah disebutkan di atas, sarjana teknik informatika juga dapat menggeluti bidang lainnya. Misalnya, di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi dosen atau peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

Nah, itulah 7 prospek karier jurusan teknik informatika. Apakah detikers tertarik dengan prospek kerjanya?



Simak Video "Daftar Pekerjaan yang Akan Tergantikan oleh Robot "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia