5 PTN Paling Asri, Semuanya Kampus Top Indonesia

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 22 Mei 2022 15:00 WIB
Taman hijau indah di UGM
Taman UGM.Foto: Doc. ugm.ac.id
Jakarta -

Lingkungan kampus yang asri juga merupakan fasilitas pendukung bagi mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan.

Lingkungan yang asri dapat dilihat dengan banyaknya taman dan ruang terbuka hijau di area kampus. Lalu di mana saja PTN yang paling asri? Berikut rangkumannya.

PTN Paling Asri di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

UI menjadi kampus terhijau versi Green Metric 2021. UI banyak memiliki taman hijau yang indah. Salah satunya terdapat di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI.

Dikutip dari laman resmi UI, FIB memiliki ruang terbuka yang terdapat di area payung untuk tempat pembelajaran dan kegiatan lain di luar ruangan.

Banyak banyak spot-spot yang dikelilingi tanaman hijau yang asri, diwarnai dengan mekarnya bunga-bunga yang indah.

Kondisi taman di UI terus dijaga karena kesadaran seluruh sivitas akademika untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, serta ditingkatkannya fasilitas yang lebih memadai.

Di berbagai sudut juga telah tersedia tempat sampah yang memisahkan sampah organik dan non-organik.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM memiliki taman kearifan yang dikenal dengan nama Wisdom Park. Mengutip dari laman resmi UGM, Wisdom Park merupakan area seluas 6 hektar dan sering digunakan untuk beragam kegiatan.

Adapun fasilitas di taman UGM tersebut antara lain mushola, toilet, green house, lampu taman, kursi taman, planter box, dan vertical garden serta ada demaga apung, view deck, dan forest walk di area Danau Bijak.

Taman ini terbuka untuk umum.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

PTN yang paling asri selanjutnya adalah IPB. IPB memiliki arboretum lanskap IPB. Mengutip laman resminya tempat ini dikelilingi oleh jalan raya, arboretum sendiri berfungsi untuk menyerap polusi udara.

Keberadaannya sebagai greenbelt atau sabuk hijau antara kawasan luar kampus yang padat pemukiman dan jalur transportasi yang sibuk dengan kawasan dalam kampus ini didukung oleh tingkat keragaman vegetasi yang tinggi dan keadaan tapak yang masih alami.

Kenyamanan yang diciptakan oleh adanya Arboretum Lanskap ini tidak hanya memberikan efek positif bagi lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas sivitas akademik IPB.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB mempunyai taman sejarah. Taman sejarah dibangun untuk menghormati jasa J.W Ijzerman dan taman ini disebut sebagai Ijzerman Park.

Ijzerman park memiliki desain dengan gaya Indische Tropische park yaitu gagasan mengenai lanskap tropi priangan yang dibuat oleh kelompok Bandoeng Vooruit.

Tata ruang taman ini mendapatkan pengaruh dari taman gaya Perancis dan Italia pada abad pertengahan menjelang renaisans. Taman yang sekarang ini bernama Taman Ganesha yang secara spasial merupakan bagian dari kampus ITB.

Taman Ganesha juga dibuka untuk publik.

5. Universitas Brawijaya (UB)

Salah satu taman hijau di UB terdapat di Fakultas Ilmu Komputer (Filkom). Taman tersebut dinamai Wiyata Adnyana dan berdiri pada tahun 2021.

Taman ini dijadikan sebagai ruang publik yang teduh, rindang, dan nyaman bagi mahasiswa. Biasanya mahasiswa menggunakannya untuk berdiskusi, bersantai, maupun berkreasi.

Nantinya juga disediakan videotron atau layar panel menggunakan teknologi lampu LED dengan ukuran yang cukup besar, dan disiarkan kegiatan-kegiatan edukasi seperti kuliah tamu, video pembelajaran dari dosen, dan kegiatan yang dilaksanakan di FILKOM UB.

Demikianlah PTN paling asri di Indonesia. Ada kampus idaman kalian detikers?



Simak Video "Massa Buruh Singgung Program Kampus Merdeka: Perbudakan Modern!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia