5 Universitas dengan Taman Hijau yang Indah di Indonesia, Ada Kampusmu?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 14 Mei 2022 09:00 WIB
Taman hijau indah di UGM
Foto: Doc. ugm.ac.id/5 Universitas dengan Taman Hijau yang Indah di Indonesia, Ada Kampusmu?
Jakarta -

Lingkungan hijau di kampus menjadi salah satu fasilitas yang penting guna mendukung suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi mahasiswa. Hal tersebut bisa dimulai dengan adanya taman hijau yang indah di dalam kampus.

Di Indonesia, ada beberapa perguruan tinggi yang dikenal sebagai kampus hijau karena memiliki lingkungan hijau yang indah.

Lantas perguruan tinggi mana saja yang dimaksud? Berikut ini rangkumannya.


5 Universitas dengan Taman Hijau yang Indah di Indonesia:


1. Universitas Indonesia (UI)

Dikenal sebagai salah satu kampus terhijau versi GreenMetric 2021, UI memiliki taman-taman hijau yang indah. Salah satunya yang berada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI.

Mengutip laman resmi UI,. di FIB terdapat area yang sangat luas dan memiliki Kelas Terbuka serta Area Taman Payung yang dapat digunakan sebagai tempat belajar dan kegiatan lain di luar ruangan.

Bahkan banyak spot-spot yang dikelilingi tanaman hijau yang asri, diwarnai dengan mekarnya bunga-bunga yang indah.

Kondisi taman di UI terus dijaga karena kesadaran seluruh sivitas akademika untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, serta ditingkatkannya fasilitas yang lebih memadai.

Di berbagai sudut juga telah tersedia tempat sampah yang memisahkan sampah organik dan non-organik.


2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM juga masuk dalam kategori kampus terhijau di Indonesia versi GreenMetric 2021. UGM memiliki taman kearifan atau yang biasa dikenal dengan nama Wisdom Park.

Dikutip dari laman resmi UGM, Wisdom Park ini memiliki area dengan luas sekitar 6 hektar dan bisa digunakan untuk banyak kegiatan.Pengunjung taman pun tidak hanya datang dari kalangan internal civitas akademika UGM tapi juga masyarakat umum dari berbagai kalangan.

Adapun fasilitas di taman UGM tersebut antara lain mushola, toilet, green house, lampu taman, kursi taman, planter box, dan vertical garden serta ada demaga apung, view deck, dan forest walk di area Danau Bijak.


3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Sama halnya dengan UI dan UGM, IPB juga berhasil meraih penghargaan sebagai kampus terhijau di Indonesia dalam Green Metrics 2021. Dalam kampus IPB memang terdapat banyak ruang hijau, salah satunya adalah Arboretum Lanskap IPB.

Dalam laman resmi IPB dikatakan bahwa letak Arboretum Lanskap yang dikelilingi oleh jalan raya memiliki peran yang sangat tinggi sebagai penyerap polusi udara.

Keberadaannya sebagai greenbelt atau sabuk hijau antara kawasan luar kampus yang padat pemukiman dan jalur transportasi yang sibuk dengan kawasan dalam kampus ini didukung oleh tingkat keragaman vegetasi yang tinggi dan keadaan tapak yang masih alami.

Kenyamanan yang diciptakan oleh adanya Arboretum Lanskap ini tidak hanya memberikan efek positif bagi lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas sivitas akademik IPB.


4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB memiliki sebuah taman yang dalam sejarahnya dibangun untuk menghormati jasa-jasa Dr. Ir. J. W Ijzerman, dengan sebutan Ijzerman Park. Taman ini dirancang dengan bentuk dan gaya Indische Tropische Park; sebuah gagasan tentang lanskap tropis daerah priangan yang diciptakan/ dipromosikan oleh kelompok Bandoeng Vooruit.

Penataan lanskap taman ini mendapat pengaruh taman gaya prancis dan Italia pada akhir abad pertengahan menjelang renaisans. Taman yang sekarang ini bernama Taman Ganesha yang secara spasial merupakan bagian dari kampus ITB.

Selainsebagai salah satu paru-paru Kota Bandung, Taman Ganesha juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang publik tempat bertemunya warga di sekitar taman dan juga bagi sivitas akademika di ITB.


5. Universitas Brawijaya (UB)

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) memiliki taman terbuka hijau yang cukup luas yang ditanami berbagai bunga dan tanaman hias serta pohon rindang.

Taman bernama Wiyata Adnyana tersebut dibangun pada awal tahun 2021 dan baru diresmikan oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, A.R., M.S pada tahun 2022, dikutip dari laman resmi UB.

Taman ini memberikan sebuah public space yang teduh, rindang dan nyaman bagi mahasiswa yang ingin berdiskusi, bersantai maupun untuk berkreasi.

Nantinya juga disediakan videotron atau layar panel menggunakan teknologi lampu LED dengan ukuran yang cukup besar, dan disiarkan kegiatan-kegiatan edukasi seperti kuliah tamu, video pembelajaran dari dosen, dan kegiatan yang dilaksanakan di FILKOM UB.

Nah, itulah 5 universitas dengan taman hijau yang indah di Indonesia. Apakah ada kampus detikers?



Simak Video "Massa Buruh Singgung Program Kampus Merdeka: Perbudakan Modern!"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia