Telkom University Dapat 2.000 Beasiswa Google buat Mahasiswa hingga Dosen

Nikita Rosa Damayanti Waluyo - detikEdu
Rabu, 23 Mar 2022 19:30 WIB
Gedung Rektorat Telkom University.
Telkom University dapat 2.000 beasiswa dari Google. Foto: Dok. Telkom University
Jakarta -

Telkom University (Tel-U) menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mendapat beasiswa Google Career Certificate. Mahasiswa, dosen, dan staf terpilih Tel-U bisa menempuh program sertifikasi karier IT Support Certificate di platform Coursera dengan pembiayaan dari Google.

"Melalui program ini kami (Google) menawarkan sertifikat karir yang berfokus pada pembelajaran praktis, yang dapat diselesaikan sesuai dengan yang ditentukan masing-masing peserta, dan dapat diakses pada platform Coursera," ucap Country Director Google Indonesia Randy Yusuf dalam peluncuran beasiswa, dikutip dari laman resmi Telkom University, Rabu (23/3/2022).

Country Director Google Indonesia Randy Yusuf mengatakan, penerima beasiswa Google Career Certificate ke depannya bisa mengakses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan, karier, dan bisnis sebagai kebutuhan era ekonomi digital melalui bagian program Grow with Google tersebut.

Randy menambahkan, Grow with Google di Indonesia ke depannya berfokus pada lima pilar, yakni pemilik usaha, mahasiswa dan pencari kerja, developer dan startup, guru dan mahasiswa, serta kreator dan jurnalis.

Beasiswa IT Support Certificate Tel-U

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya mengatakan, 2.000 mahasiswa, staf, dan dosen Tel-U akan mendapat beasiswa IT-Support Certificate tersebut.

Dikutip dari laman Coursera, peserta kelas IT Support Google Professional Certificate belajar tentang debugging, protokol jaringan, layanan pelanggan, algoritma dan teknik enkripsi, komputasi awan, linux, pemecahan masalah, kode biner, ipv4, domain name system (DNS), dan model jaringan lewat materi belajar dengan subtitle bahasa Indonesia .

Peserta IT Support Google Professional Certificate akan belajar sekitar kurang dari 10 jam per minggu untuk memperoleh sertifikat kurang dari 6 bulan. Program ini mempersiapkan peserta untuk mengikuti ujian CompTIA A+ dan sertifikasi standar industri bidang IT.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas inisiatif Google Indonesia yang memilih Telkom University menjadi mitra pertamanya untuk memberikan beasiswa IT Support Certificate bagi 2.000 orang di Telkom University," kata Adiwijaya.

"Kami harap kerja sama yang terjalin antara Telkom University dan Google dapat dimanfaatkan dengan baik oleh sivitas akademika untuk terus meningkatkan skill, sehingga bersama-sama kita dapat menciptakan dan menjadi generasi unggul untuk bangsa Indonesia," imbuhnya.



Simak Video "Anak Google di Rusia Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia