4 Jurusan Kuliah buat yang Ingin Tekuni Investasi, agar Sukses Jadi Investor

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 22 Mar 2022 12:08 WIB
ilustrasi orang kaya
Ilustrasi untuk jurusan kuliah bidang investasi. Foto: Getty Images/acilo
Jakarta -

Beberapa jurusan kuliah direkomendasikan untuk kalian yang ingin berkarier dalam bidang investasi secara profesional. Meski banyak orang berinvestasi tanpa memiliki latar belakang pendidikan terkait, memiliki ilmu tentang investasi tentunya akan memberi nilai lebih.

Selain lebih memahami tentang peluang dan risiko, mempelajari tentang investasi di bangku perkuliahan juga akan melatih kemampuan membaca dan analisis data. Apalagi untuk detikers yang ingin berinvestasi sejak kuliah, sederet jurusan ini bisa dipilih.

Jurusan Kuliah Bidang Investasi

1. Manajemen Keuangan

Mengutip dari laman Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), jurusan manajemen keuangan pada umumnya menggali tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pemanfaatan sumber daya keuangan secara efisien dan efektif, melalui kerja sama dengan riset dan penelitian, produksi, pemasaran, dan sumber daya manusia. Proses perkuliahannya mengajarkan tentang pasar modal, aturan dan mekanisme perdagangan efek, sekaligus peraturan terkait di dalamnya.

Prospek karier lulusannya adalah sebagai tenaga profesional di perusahaan sekuritas, Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), wakil perantara pedagang efek, juga seorang manajer investasi. Sehingga, intinya mahasiswa disiapkan menjadi lulusan terampil di sektor pasar modal. Selain di PNJ, calon mahasiswa juga dapat mencari jurusan lain yang serupa di kampus lainnya.

2. Finance

Beberapa materi yang digeluti di dalam jurusan kuliah ini adalah cara memaksimalkan dana perusahaan, cara menentukan struktur modal, bagaimana melakukan kontrol keuangan, perkiraan kebutuhan modal, dan lain sebagainya. Beberapa keuntungan kuliah di program studi (prodi) finance atau serupa adalah, mahasiswa bisa belajar mengolah dan menganalisis data, juga memahami tentang keamanan siber.

Disebutkan dalam laman Binus University, lulusan jurusan ini juga kerap dicari para perusahaan fintech. Sehingga, nantinya peserta didik akan lebih mendalami perihal layanan finansial berbasis digital yang lain seperti pembayaran digital, crowdfunding, pinjaman online, dan lainnya. Mahasiswa pun akan lebih mahir dalam membaca perkembangan aktivitas finansial dari waktu ke waktu.

3. Manajemen

Jika tertarik kuliah di bidang manajemen, maka direkomendasikan agar mahasiswa nantinya mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Dikatakan dalam situs Universitas Pamulang, peserta didik manajemen keuangan diharapkan memperoleh keterampilan mengelola keuangan berbasis komputer, manajemen dana/investasi dan risikonya, juga memanfaatkan pasar modal.

4. Aktuaria

Menurut laman prodi Ilmu Aktuaria Universitas Gadjah Mada, ilmu aktuaria mempelajari teori probabilitas, matematika, serta statistika untuk menghitung dampak finansial atas kejadian tak tentu di masa depan. Salah satu prospek karier utama jurusan ini adalah menjadi seorang aktuaris.

Seorang aktuaris utamanya bertanggung jawab atas manajemen risiko di lembaga tempat mereka bekerja. Akan tetapi, lulusan aktuaria juga bisa bekerja di bidang investasi, pengelolaan risiko, pengelolaan imbalan kerja, regulasi risiko dan keuangan (seperti OJK), dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang bisa kalian pertimbangkan jika ingin menekuni investasi. Tertarik?



Simak Video "Jangan Termakan Gengsi Saat Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia