Bagaimana Cara Memilih Jurusan SBMPTN 2022? Ini Penjelasannya

Bagaimana Cara Memilih Jurusan SBMPTN 2022? Ini Penjelasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 21 Mar 2022 07:30 WIB
Ilustrasi SBMPTN 2022
SBMPTN 2022. Foto: Tim Infografis/Mindra P
Jakarta -

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2022. Sebelum melakukan pendaftaran ada baiknya para pendaftaran mengetahui hal yang krusial seperti cara memilih jurusan.

Cara memilih jurusan atau program studi (prodi) melalui SBMPTN 2022 sedikit berbeda dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Persamaannya adalah siswa dapat memilih dua prodi untuk SBMPTN.

Cara Memilih Jurusan SBMPTN:

1. Memilih dua jurusan di satu universitas negeri atau di dua universitas negeri provinsi mana saja. Apabila memilih dua, lokasinya tidak harus sama dengan lokasi sekolah asal.

2. Menurut laman LTMPT, jurusan kedokteran dan kedokteran gigi hanya dapat dipilih siswa SMA/MA jurusan IPA saja.

3. Peserta yang memilih jurusan kelompok sains dan teknologi (saintek) harus mengikuti ujian yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) saintek (matematika, fisika, kimia, dan biologi).

4. Peserta yang memilih kelompok prodi kelompok sosial dan humaniora (soshum), maka harus mengikuti TPS, bahasa Inggris, dan TKA soshum (geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi).

5. Bagi yang mengambil prodi kelompok campuran harus mengikuti harus mengikuti TPS, bahasa Inggris, TKA saintek, dan TKA soshum.

Tips Memilih Prodi SBMPTN

1. Mengenali Minat

Ketahuilah minat kalian sebelum memilih jurusan. Caranya coba telusuri melalui hobi dan kelebihan. Jika ragu lakukanlah tes minat bakat di situs Temu bakat dan Tes Bakat Indonesia.

2. Meriset Jurusan

Riset jurusan penting dilakukan untuk mengenali apa saja yang akan dipelajari dan beasiswa yang ditawarkan. Di samping itu, riset juga bisa membantu untuk mengetahui fasilitas apa saja yang bisa dinikmati mahasiswa ketika sudah diterima.

3. Membuat Skala Prioritas Prodi

Skala prioritas digunakan untuk mengukur peluang dan kesempatan prodi yang dipilih. Dengan membuat skala prioritas kalian juga dapat membuat target saat berkuliah nantinya.

4. Mengenali Jurusan yang Dipilih

Mengenali jurusan yang dipilih dapat membantu kalian untuk mengetahui mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, konsekuensi saat perkuliahan, dan prospek karier ke depannya.

Saat memilih jurusan, siswa harus menyesuaikan dengan kemampuan karena kehidupan kuliah menuntut mahasiswa untuk mandiri.

5. Jangan Ikut-ikutan Teman

Ikut-ikutan teman saat memilih jurusan masih sering terjadi dan harus dihindari. Hal ini dikarenakan jurusan kuliah tidak patut untuk dijadikan ajang pamer dan ikut-ikutan teman.

Kehidupan kuliah tentu memiliki beban tersendiri, jika tidak siap maka kamu akan kesusahan menghadapi ritme perkuliahan kedepannya. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang berdasarkan kemampuan dan target di masa depan agar tidak asal pilih.

Demikianlah cara memilih jurusan SBMPTN beserta tipsnya. Semoga berhasil detikers!



Simak Video "Jokowi Wanti-wanti Relevansi Program Studi Bisa Berubah Dalam 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia