10 Pekerjaan Bidang Big Data: Gaji Fantastis Persaingan Tipis, Tertarik?

10 Pekerjaan Bidang Big Data: Gaji Fantastis Persaingan Tipis, Tertarik?

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Sabtu, 19 Mar 2022 11:00 WIB
Memahami Manusia dari Big Data
Ilustrasi big data (Foto: detik)
Jakarta -

Bidang big data adalah ilmu mengolah dataset atau data menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan atau instansi. Berkembangnya bidang informasi dan teknologi menghasilkan bidang profesi ini menjadi incaran industri.

Berdasarkan riset dari Indeed, salah satu situs pekerjaan, menunjukkan pada tahun 2020 terdapat kenaikan permintaan sebesar 29% untuk ilmuwan bidang data. Sementara jika dihitung sejak 2013, peningkatan terjadi hingga 344%.

Permintaan tinggi ini juga datang dengan gaji yang fantastis. Riset dari Robert Half's 2022 Salary Guide menunjukkan gaji pekerja bidang big data berkisar antara USD 82.000 sampai USD 176.000 atau sekitar Rp 1 miliar sampai Rp 2,5 miliar . Angka yang fantastis!

Meski permintaan dan gaji tinggi, namun SDM di bidang big data masih sangat terbatas sehingga tingkat persaingannya longgar. Ini bisa jadi peluang detikers untuk bergelut di bidang big data. Apa saja sih pekerjaan di bidang big data?

Tertarik berkarir di bidang big data? Dilansir dari laman Northeastern University, ini 10 pekerjaan di bidang big data bagi kamu para mahasiswa.

10 pekerjaan di bidang big data

1. Big Data Engineer

Big data engineer bertugas mengubah volume data yang besar menjadi informasi sehingga dapat digunakan organisasi untuk membuat keputusan bisnis. Mereka juga ditugaskan untuk mengambil, menafsirkan, menganalisis, dan melaporkan data bisnis.

Para profesional ini juga sering bertanggung jawab untuk membuat dan memelihara software dan hardware perusahaan, termasuk sistem dan proses yang dibutuhkan pengguna untuk bekerja dengan data tersebut.

2. Data Architect

Data Architect bertugas merancang struktur kerangka kerja data yang kompleks, serta membangun dan memelihara basis data ini. Data Architect mengembangkan strategi untuk setiap area subjek model data perusahaan dan mengkomunikasikan rencana, status, dan masalah kepada eksekutif perusahaan.

3. Data Security Analyst

Data Security Analyst melakukan audit keamanan, penilaian risiko, dan analisis untuk membantu membuat rekomendasi guna meningkatkan keamanan sistem data. Mereka sering meneliti upaya pelanggaran keamanan data dan merumuskan kebijakan serta prosedur keamanan untuk meningkatkan keamanan data.

4. Database Manager

Database Manager mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam database, mengambil tindakan, dan membantu menerapkan desain dan implementasi fisik pada hardware penyimpanan dan pemeliharaan. Mereka juga bertanggung jawab atas penyimpanan dan analisis data dalam organisasi.

5. Business Intelligence Analyst

Business Intelligence Analyst mengubah data perusahaan menjadi informasi yang dapat digunakan eksekutif untuk membuat keputusan bisnis yang efektif. Para profesional ini bertugas menanggapi permintaan manajemen untuk informasi spesifik, tetapi mungkin juga diharapkan untuk meneliti data secara mandiri untuk menemukan pola dan tren.

6. Data Scientist

Data Scientist merancang dan membangun prosedur baru untuk pemodelan, penambangan, dan produksi data. Selain melakukan studi data dan eksperimen produk, para profesional ini ditugaskan untuk mengembangkan prototipe, algoritme, model prediktif, dan analisis khusus.

7. Data Modeler

Para profesional ini mengubah volume data yang besar menjadi informasi, seperti tren mikro dan makro, yang dikumpulkan menjadi laporan bisnis. Data Modeler harus terampil dalam ilmu informasi dan analisis statistik serta keterampilan pada pemrograman.


8. Database Developer

Database Developer bertanggung jawab untuk menganalisis proses basis data saat ini untuk memodernisasi, merampingkan, atau menghilangkan pengkodean yang tidak efisien. Para profesional ini sering ditugaskan untuk memantau kinerja basis data, mengembangkan basis data baru, dan memecahkan masalah yang muncul.

Database Developer bekerja sama dengan anggota tim developer lainnya. Mereka sering diminta untuk memiliki pengalaman sebelumnya dengan pengembangan basis data, analisis data, dan pengujian unit.

9. Database Administrator

Para profesional ini bertanggung jawab untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja basis data untuk menghindari efek negatif yang disebabkan oleh akses terus menerus dan lalu lintas tinggi. Mereka juga berkoordinasi dengan Data Security Analyst untuk memastikan keamanan data. Database Administrator biasanya memiliki pengalaman sebelumnya bekerja di tim administrasi basis data.

10. Data Analyst

Data Analyst bekerja dengan volume data yang besar, mengubahnya menjadi wawasan yang dapat dimanfaatkan bisnis untuk membuat keputusan yang lebih baik. Mereka bekerja di berbagai industri, dari perawatan kesehatan dan keuangan hingga ritel dan teknologi.

Data Analyst bekerja untuk meningkatkan sistem agar penyampaian informasi menjadi lebih mudah. Tujuannya adalah untuk mengembangkan metode analisis kumpulan data besar yang dapat dengan mudah diolah kembali dan dibaca.

10 pekerjaan di bidang big data ini merupakan pekerjaan yang dicari industri. Untuk menjadi profesional pada bidang ini, kamu dapat mengambil jurusan kuliah yang mempelajari big data. Selamat belajar, detikers!



Simak Video "AHY Kritik Big Data Luhut soal Penundaan Pemilu: Pemufakatan Jahat!"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia