Jurusan Kuliah buat yang Suka Traveling, Tak Hanya Pariwisata

Kristina - detikEdu
Senin, 07 Mar 2022 18:30 WIB
Rear view image of a young brunette woman. She is enjoying the walk and exploring the city, wearing a casual but fashionable dress, sightseeing and shopping on the Singapore street market. She is holding a large city map, checking out where to go next.
Jurusan kuliah buat yang suka traveling. Foto: Getty Images/lechatnoir
Jakarta -

Salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah adalah berdasarkan minat. Apabila detikers memiliki jiwa penjelajah dan ingin mengunjungi berbagai tempat, beberapa jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jurusan kuliah yang identik dengan traveling umumnya adalah pariwisata. Tapi, tahukah kamu ada jurusan lain yang juga cocok buat orang suka jalan-jalan? Simak ulasannya berikut ini.

Jurusan Kuliah buat yang Suka Traveling

1. Pariwisata

Sudah bukan hal baru lagi jika pariwisata menjadi jurusan pilihan bagi orang yang suka traveling. Salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dilansir dari situsnya, mahasiswa pariwisata akan belajar tentang berbagai ilmu kepariwisataan. Beberapa mata kuliah yang diajarkan seperti manajemen biro dan perjalanan wisata, public relations, pemasaran wisata, food and beverages service, hingga bahasa asing.

Lulusan jurusan pariwisata dapat berkarier di dalam maupun luar negeri sebagai manajer destinasi wisata, konsultan pariwisata, staf di dinas pariwisata, profesional maskapai penerbangan, hingga di bidang perhotelan.

2. Antropologi

Antropologi juga dapat dijadikan pertimbangan apabila kamu suka jalan-jalan. Jurusan yang umumnya berada di Fakultas Ilmu Budaya ini mempelajari tentang berbagai aspek kehidupan dan kebudayaan masyarakat.

Mahasiswa akan dilatih untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami dan menganalisis persoalan nilai, norma, struktur, proses dan perubahan masyarakat melalui mata kuliah dan penelitian lapangan, dilansir dari laman Universitas Airlangga.

Sehingga, tak heran jika mahasiswa antropologi banyak berkeliling Indonesia untuk melakukan kuliah lapangan.

3. Arkeologi

Jurusan arkeologi juga akan membawa mahasiswa pergi ke berbagai tempat untuk melakukan penelitian lapangan. Salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ini adalah Universitas Indonesia (UI).

Di UI, mahasiswa antropologi akan diajarkan berbagai konsep dasar ilmu arkeologi. Mereka juga akan menguasai berbagai jenis data arkeologi di Indonesia, regional, dan dunia. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang manajemen warisan budaya dan permuseuman.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa antara lain pengantar arkeologi, kepurbakalaan Indonesia, arkeologi industri, epigrafi dan sejarah kuno, hingga permasalahan pelestarian cagar budaya.

4. Teknik Geologi

Jurusan kuliah rekomendasi untuk orang yang suka traveling lainnya adalah teknik geologi. Salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dilansir dari situs ITB, mahasiswa teknik geologi akan belajar ilmu tentang bumi dengan berbagai aspeknya, termasuk batuan, bentuk atau struktur dan hubungan antar batuan serta proses kejadiannya. Tentunya, mahasiswa akan terjun ke lapangan untuk mempelajari hal tersebut.

5. Geografi

Tidak berbeda jauh dengan geologi, jurusan geografi juga akan membawa mahasiswa mengeksplorasi berbagai fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Beberapa mata kuliah yang akan ditemui antara lain survei dan pemetaan, penginderaan jauh, kartografi, geografi manusia, hingga ekologi dan lingkungan.

Jurusan ini juga mudah ditemukan di berbagai perguruan tinggi. Salah satunya adalah UI yang membuka jurusan geografi sejak tahun 1950-an.

6. Biologi

Jurusan biologi mempelajari seputar makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungan. Jurusan ini umumnya berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan banyak ditemukan di berbagai perguruan tinggi.

Di sejumlah universitas, mahasiswa jurusan biologi akan diajak melakukan kuliah lapangan untuk meneliti biota laut. Dalam kesempatan ini, secara tidak langsung akan membawa mahasiswa jalan-jalan menyusuri perairan Indonesia.



Simak Video "Respons Sandiaga Uno atas Maraknya Kecelakaan Bus Pariwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia