7 Jurusan Kuliah Ini Dikenal Paling Santai, dari Bahasa hingga Psikologi

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 27 Feb 2022 09:00 WIB
The collage peoples in the class.
Foto: iStockphoto/1001nights/Jurusan Kuliah Ini Dikenal Paling Santai
Jakarta -

Ingin menjalani kuliah dengan materi yang santai? Ada beberapa jurusan kuliah di Indonesia yang dikenal lebih mudah dan santai dibanding dengan bidang keilmuan lain. Ada jurusan apa saja?

Bagi calon mahasiswa yang masih bingung memilih jurusan kuliah bisa mencoba mempertimbangan beberapa jurusan kuliah yang tidak ada rumus rumit atau teori yang padat.

Berikut ini adalah jurusan yang dikenal santai.


7 Jurusan Kuliah yang Dikenal Mudah dan Santai:


1. Psikologi

Mengutip laman mydegreeguide.com, jurusan ini dikenal santai dan seru karena mempelajari cara kerja jiwa manusia dan menemukan cara memahami perilaku individu dalam budaya dan masyarakat.

Ketika sudah memiliki ilmunya, lulusan jurusan ini bisa membantu teman untuk menganalisis pesan teks dan menguraikan motivasi batin secara psikologis.


2. Bahasa dan Sastra

Jurusan kuliah pertama yang dikenal mudah namun memiliki banyak peminat adalah jurusan Bahasa dan Sastra. Jurusan ini juga dikenal santai karena mempelajari hal-hal seputar bahasa yang sudah kita kenal sebelumnya.

Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra akan mempelajari ilmu linguistik yang mendalam dan struktur bahasa yang tepat. Baik itu bahasa indonesia, bahas asing atau bahasa daerah.


3. Jurusan Sosiologi

Seperti yang diketahui, sebagai makhluk sosial manusia perlu memahami berbagai perillaku di sekitarnya. Nah, jurusan sosiologi ini akan mempersiapkan mahasiswa untuk mempelajari perilaku manusia melalui observasi dan pengumpulan data.

Jurusan ini dikenal mudah dan santai bagi orang yang senang menjalin hubungan dengan masyarakat, atau tertarik dengan berbagai fenomena sosial yang terjadi di sekelilingnya serta ingin mencari tahu solusi dari permasalahan sosial yang terjadi.


4. Jurusan Ilmu Sejarah

Mempelajari sejarah bisa menjadi cara belajar yang menyenangkan. Saat kuliah, mahasiswa akan memiliki pengalaman belajar yang cukup seimbang antara teori dan studi di lapangan.

Bagi orang yang tertarik di dunia sejarah tentu akan menganggapnya santai karena akan sering belajar di luar ruangan untuk mengunjungi situs-situs bersejarah.


5. Jurusan Seni

Bagi orang yang menyukai dunia seni, tentu memilih jurusan seni adalah hal cukup santai karena pembelajarannya lebih berorientasi pada praktik. Hal ini akan cocok dengan gaya belajar mahasiswa seni yang akan menjalani kuliah sekaligus menghasilkan karya.


6. Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Dalam perkuliahan, jurusan ini seringkali dianggap mudah karena tidak melulu belajar teori. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis untuk mencapai kesuksesan.

Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan pelajaran bahasa asing untuk menghadapi tren wisatawan internasional yang terus meningkat.


7. Komunikasi

Mahasiswa jurusan komunikasi akan banyak mempelajari keterampilan berkomunikasi baik dalam hal menulis dan berbicara. Perkuliahan yang kerap menyenangkan dianggap oleh sebagian mahasiswa menjadi lebih santai.

Apalagi setelah lulus, banyak perusahaan mulai dari start up, e-commerce, dan media membutuhkan keahlian lulusan komunikasi.


Nah, itulah 7 jurusan kuliah yang dikenal paling santai. Apakah ada jurusan yang detikers incar?



Simak Video "Aliansi Mahasiswa Demo Protes RKUHP Tiba di DPR, Lalin Tersendat"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia