10 Perguruan Tinggi Online di AS dengan Biaya Terjangkau

Kristina - detikEdu
Rabu, 26 Jan 2022 13:25 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Ilustrasi kuliah online. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Amerika Serikat terkenal dengan berbagai perguruan tinggi yang menduduki peringkat top dunia. Sejumlah perguruan tinggi di sana menyediakan program kuliah online dengan biaya yang terjangkau.

Umumnya perguruan tinggi online didesain untuk fokus pada para pekerja. Lembaga-lembaga tersebut biasanya menawarkan program yang dirancang khusus untuk orang-orang yang sudah bekerja dan mempunyai tanggung jawab layaknya orang dewasa lainnya.

Program kuliah online dari masing-masing kampus juga berbeda khususnya dari segi biaya. Perbedaan tersebut tergantung pada kebutuhan dalam program yang diambil. Selain itu, lokasi tempat tinggal juga menjadi salah satu faktor yang turut berpengaruh.

Perguruan tinggi negeri daerah biasanya akan memiliki biaya kuliah yang lebih rendah untuk pelamar yang tinggal di wilayah tempat perguruan tinggi tersebut berada. Di sisi lain, perguruan tinggi swasta yang terjangkau akan menawarkan banyak manfaat yang sama seperti menghadiri perguruan tinggi swasta secara offline.

Perguruan Tinggi Online dengan Biaya Terjangkau

College Consensus, sebuah situs web pemeringkatan perguruan tinggi yang menggabungkan peringkat penerbit dan ulasan mahasiswa, merilis daftar perguruan tinggi online terjangkau yang ada di berbagai negara.

Perguruan tinggi yang masuk dalam perangkingan ini adalah institusi yang memiliki setidaknya 3 gelar sarjana atau program penyelesaian sarjana dengan metode online atau hibrida dan biaya yang terjangkau. Berikut daftarnya:

1. Eastern Illinois University

Eastern Illinois University (EIU) adalah salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat dan menjadi perguruan tinggi online paling terjangkau. EIU memiliki situs database beasiswa sendiri yang berisi lebih dari 800 peluang beasiswa. Basis data ini diperbarui setiap saat, mahasiswa disarankan untuk memeriksanya secara berkala.

2. University of North Dakota

University of North Dakota (UND) telah membangun salah satu platform online terbaik dan merupakan salah satu perguruan tinggi online paling terjangkau. UND terus mendapatkan peringkat dan pengakuan tinggi karena keterjangkauannya. Karena kombinasi biaya rendah dan keberhasilan lulusan, UND secara teratur diakui sebagai sekolah dengan ROI tinggi.

3. Fitchburg State University

Fitchburg State University menawarkan 100 persen gelar online dari salah satu perguruan tinggi online paling terjangkau di dunia. Perguruan tinggi ini juga menawarkan berbagai bentuk bantuan keuangan, termasuk beasiswa dan pinjaman.

4. Westfield State University

Westfield State University adalah lembaga publik di Massachusetts yang telah diakui sebagai salah satu perguruan tinggi online paling terjangkau. Westfield telah meminimalkan biaya kuliah sebanyak mungkin di wilayah yang terkenal dengan perguruan tinggi dan universitas elite yang mahal.

5. University of Wisconsin - Stevens Point

University of Wisconsin - Stevens Point adalah salah satu perguruan tinggi online paling terjangkau dan menjadi universitas negeri yang paling dihormati di Amerika. Kampus ini menawarkan program online yang fleksibel dan pilihan beasiswa untuk jurusan tertentu serta peluang bantuan keuangan lainnya.

6. University of South Florida

University of South Florida menawarkan dampak besar untuk biaya kuliah yang relatif rendah. Perguruan tinggi ini memperoleh peringkat tinggi untuk penelitian dan pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengembalian yang tinggi atas investasi perguruan tinggi mereka.

7. SUNY Oswego

SUNY Oswego adalah universitas yang relatif kecil dengan biaya kuliah yang relatif rendah dibandingkan dengan perguruan tinggi lain di New York. Hampir 90 persen mahasiswa SUNY Oswego menerima bantuan keuangan, yang menjadikannya sebagai salah satu perguruan tinggi online paling terjangkau.

8. California State University, East Bay

California State University, East Bay adalah salah satu perguruan tinggi online paling terjangkau saat ini. Kampus ini memiliki program online yang bagus dan telah diakui oleh majalah Money untuk kualitas pendidikannya.

9. Florida International University

Florida International University (FIU) adalah universitas riset publik dengan banyak pilihan gelar, termasuk banyak gelar online. Universitas ini dirancang secara khusus untuk menjadi perguruan tinggi negeri yang terjangkau ke wilayah metropolitan Miami.

10. University of West Florida

University of West Florida (UWF) memiliki banyak program gelar online yang berkembang pesat. UWF juga merupakan salah satu perguruan tinggi online paling terjangkau dan publikasi yang dihasilkan telah banyak mendapatkan pengakuan.



Simak Video "Jokowi Wanti-wanti Relevansi Program Studi Bisa Berubah Dalam 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia