5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Ekstrovert, Ada Bisnis Hingga Pariwisata

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 21 Jan 2022 13:15 WIB
Ilustrasi anak introvert dan ekstrovert
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Apakah detikers merasa memiliki kepribadian ekstrovert? Seseorang yang lebih menyukai belajar di lapangan, senang bersosialisasi dengan orang-orang, maupun lebih senang kerja dalam kelompok untuk suatu proyek.

Nah jika kalian termasuk orang-orang dengan kriteria tersebut maka ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk seorang ekstrovert.

Apa saja jurusan itu? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman Universitas Colorado:

5 Jurusan Kuliah untuk Anak Ekstrovert:

1. Psikologi

Jurusan psikologi tidak hanya cocok untuk orang introvert, melainkan juga cocok untuk orang ekstrovert. Namun jika kalian seorang ekstrovert yang menganggap diri kalian sebagai orang yang suka bergaul dan suka berhubungan dengan orang lain, psikologi dapat menjadi pilihan yang cocok.

Di jurusan psikologi biasanya ada lima konsentrasi seperti konseling kecanduan, psikologi umum, psikolog klinis, psikolog industri/ organisasi, serta psikolog perilaku.

Dengan belajar psikologi kalian dapat menjelajahi cara orang berpikir, merasakan, dan merespons dunia secara ilmiah.

2. Bisnis

Apa kalian suka berjejaring dengan orang lain? Atau bersemangat saat presentasi kelas dan memimpin sebuah projek serta menyukai penjualan yang berhubungan dengan data dan angka? Jika iya jurusan administrasi bisnis cocok untuk kalian si ekstrovert termasuk marketing, sumber daya manusia, penjualan real estate, bisnis internasional, dan sebagainya.

3. Teater

Jurusan kuliah yang cocok untuk seorang ekstrovert selanjutnya adalah jurusan teater. Jika kalian suka menghibur orang lain, jurusan ini dapat mengasah bakat kalian dengan mengeksplor tata panggung, tata rias, dan pertunjukkan.

Jurusan ini memiliki pengalaman belajar dengan energi tinggi dan serba cepat.

4. Studi Keluarga dan Pengembangan Manusia

Jurusan pengembangan manusia dan studi keluarga sangat cocok untuk kalian dengan karakter si ekstrovert. Apabila kalian ingin mengajar hingga bekerja di bidang medis/ terapi, membantu keluarga dan individu berkembang dalam masyarakat.

Ada lima konsentrasi di jurusan ini yaitu pilihan seperti pendidikan anak usia dini, kepemimpinan, dan ilmu pencegahan/intervensi. Jurusan ini ada di Institut Pertanian Bogor lo detikers!

5. Pariwisata

Bagi kalian si ekstrovert yang suka mengeksplorasi alam maka jurusan Pariwisata cocok menjadi pilihan kalian. Di jurusan ini terdapat dua konsentrasi yaitu pariwisata domestik dan parawisata internasional.

Prospek karier untuk jurusan ini adalah tour guide, peneliti, tourism management, dan lain sebagainya.

Demikianlah daftar jurusan kuliah yang cocok untuk ekstrovert. Kira-kira mau berkuliah di jurusan apa nih detikers?



Simak Video "Jelang Demo, Lalin di Kawasan Patung Kuda Masih Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia