10 Jurusan Kuliah dan Prospek Karier untuk Si Introvert, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 20 Jan 2022 17:30 WIB
Ilustrasi anak introvert dan ekstrovert
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Introvert bukanlah suatu kelemahan. Selama ini introvert masih salah dipahami, introvert bukan berarti anti sosial atau tidak bisa bersosialisasi melainkan adalah cara seseorang untuk mengisi energinya.

Seorang introvert memiliki kelebihan yaitu bekerja secara mandiri, berpikir mendalam tentang masalah, dan fokus terhadap suatu hal. Introvert menemukan diri mereka tertarik pada jurusan yang menggunakan keterampilan analitis atau kreativitas mereka.

Nah kira-kira apa ya jurusan kuliah yang cocok untuk introvert? Simak di sini penjelasannya yang dikutip dari laman Best School:

10 Jurusan Kuliah untuk Introvert

1. Akuntansi

Dalam akuntansi hal yang dipelajari adalah akuntansi keuangan, sistem informasi akuntansi, dan auditing. Prospek karier kedepannya adalah analisis keuangan, akuntan publik, dan auditor. Nah jurusan ini cocok untuk orang introvert karena berkutat dengan angka-angka dan tidak perlu bertemu banyak orang.

2. Ilmu Aktuaria

Jurusan ilmu aktuaria mempelajari teori risiko, ekonomi, dan probabilitas. Jurusan ini masuk ke dalam ranah statistik dan matematika. Jurusan ini cocok untuk orang introvert karena memiliki kemampuan analitis yang kuat.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah aktuaria, analis resiko, dan penanggung (underwriter).

3. Arsitektur

Jurusan arsitektur mempelajari teori arsitektur, desain arsitektur, dan teknologi konstruksi. Mereka juga belajar bagaimana menggunakan program penyusunan berbantuan komputer. Jurusan ini juga terbagi dalam arsitektur lansekap, desain industri, dan perencanaan kota.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah arsitek, perencana kota, dan konseptor.

4. Seni

Jurusan seni mempelajari menggambar, sejarah seni, dan seni rupa. Peminatan dari jurusan ini adalah ilustrasi, lukisan, keramik, dan patung.

Prospek kerja dari jurusan seni adalah ilustrator, animator, dan kurator.

5. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer mempelajari bahasa pemrograman, desain perangkat lunak, arsitektur jaringan komputer, dan keamanan informasi. Mereka belajar bagaimana menggunakan alat seperti Python dan JavaScript untuk mengembangkan solusi komputasi.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah analis data, software developer, hingga computer programmer.

6. Teknik

Jurusan yang cocok untuk introvert selanjutnya adalah teknik. Jurusan teknik berfokus pada ilmu material dan prinsip-prinsip teknik. Teknik sendiri terbagi dalam teknik mesin, teknik minyak, teknik kimia, elektro, dan lain sebagainya.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah teknisi sipil, teknisi pesawat, teknisi kimia, dan lain sebagainya

7. Desain Visual

Jurusan desain visual mempelajari seni rupa, desain, dan perangkat lunak desain grafis. Jurusan ini cocok untuk seorang introvert karena mereka memiliki daya kreativitas yang tinggi.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah graphic designer, animator, dan art director.

8. Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi memadukan komputer dan bisnis. Jurusan ini juga memiliki spesialisasi dalam keamanan informasi, manajemen sistem informasi, dan sistem administrasi.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah analis keamanan informasi, analis sistem komputer, dan administrator.

9. Jurnalisme

Lulusan jurnalisme memiliki keterampilan penelitian dan penulisan yang kuat. Seseorang yang introvert dapat mengembangkan kemampuan menulis dan juga menuangkan ide dalam pekerjaannya. Berkarya dan meningkatkan kreativitas diri dengan menjadi jurnalisme.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah editor, content writer dan copywriter.

10. Psikologi

Jurusan psikologi mempelajari metode eksperimental, perkembangan manusia, dan psikologi abnormal. Jurusan ini cocok untuk seorang introvert karena orang dengan kepribadian introvert dapat menganalisis masalah secara mendalam.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah psikolog, terapis, dan konselor kesehatan mental.

Demikianlah jurusan kuliah dan prospek kerja yang cocok bagi orang introvert. Tertarik ambil jurusan apa nih detikers?



Simak Video "Dijanjikan Bertemu Moeldoko, Massa Mahasiswa Trisakti Bubar"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia