6 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Cocok untuk Introvert

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 06:30 WIB
Ilustrasi bekerja
Foto: Picjumbo/Viktor Hanacek
Jakarta - Apakah kamu tipe orang dengan kepribadian introvert? Tak perlu minder atau malu saat terjun ke dunia kerja. Karena ada berbagai jenis pekerjaan yang mungkin cocok dengan kepribadian introvert.


Berbagai jenis pekerjaan yang ada membuat semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam meniti karier. Baik itu yang kurang suka bersosial maupun yang suka bersosial.


Bagi kamu yang merasa introvert, 6 jenis pekerjaan di bawah ini mungkin cocok dengan kamu.


6 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert:


1. Web Developer

Web developer atau pengembang web merupakan pekerjaan dengan tanggung jawab merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web.


Pekerjaan ini bisa cocok untuk introvert karena secara keseluruhan menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer untuk melakukan coding hingga tahap pengujian. Terlebih pada situasi pandemi seperti ini pekerjaan pengembang web bisa dilakukan dari rumah.


Soal gaji, pekerjaan ini bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan. Di Indonesia, rata-rata gaji web developer berkisar antara Rp 5-12 juta.


2. Programmer

Selain web developer, terdapat pekerjaan bidang IT lainnya yang cocok untuk introvert, yakni programmer. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menciptakan sebuah kode yang dapat diikuti oleh perangkat lunak komputer.


Sebagian besar pekerjaan programmer dilakukan secara mandiri. Untuk gaji tak perlu diragukan, karena pekerjaan ini bisa menghasilkan antara Rp 5-18 juta tergantung dari pengalaman yang dimiliki.


3. Desainer Grafis

Pekerjaan sebagai desainer tentu saja cocok dengan introvert karena banyak bekerja secara individu atau tim kecil. Dengan kemampuan yang kreatif dan menguasai banyak perangkat desain, pekerjaan ini bisa menghasilkan Rp 5 juta hingga puluhan juta rupiah.


4. Social Media Specialist

Pekerjaan social media specialist bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi para introvert karena menghabiskan banyak waktu untuk berhadapan dengan dunia digital.


Pekerjaan ini bertanggung jawab meng-upload konten, mengampanyekan iklan, dan membalas komentar pelanggan/penggemar melalui media sosial. Gaji seorang social media specialist di Indonesia berkisar antara Rp 4-7 juta.


5. Editor dan penulis

Baik editor maupun penulis merupakan jenis pekerjaan yang membutuhkan ketelitian sehingga cocok untuk orang dengan kepribadian introvert. Pekerjaan ini juga menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau laptop.


Selain itu, kedua profesi ini juga memungkinkan kamu bisa bekerja fleksibel di mana pun dan bisa mengatur jadwal bekerjanya sendiri selama bisa memenuhi deadline. Rata-rata gaji editor atau penulis di sebuah media di Indonesia sekitar Rp 4 juta.


5. Penerjemah

Seorang penerjemah bertanggung jawab mengonversi tulisan dari satu bahasa ke bahasa lain. Pekerjaan ini banyak menghabiskan waktu sendiri karena membutuhkan perhatian dan ketelitian. Oleh karena itu, pekerjaan ini cocok untuk para Introvert.


Untuk rata-rata gaji seorang penerjemah di Indonesia sendiri adalah Rp 6 juta per bulan.


6. Peneliti

Tidak melulu di bidang bahasa atau teknologi, bagi introvert yang menyukai bidang ilmiah juga bisa menekuni pekerjaan sebagai peneliti. Pekerjaan ini cocok untuk mereka yang suka bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil ketimbang menjadi bagian dari tim besar yang sibuk dan ramai.


Untuk gaji, rata-rata pekerjaan peneliti di Indonesia mendapatkan Rp 6-7 juta per bulan.


Nah itulah, 6 jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert. Kalau detikers tertarik pekerjaan yang mana?

Simak Video "Jenis Pekerjaan yang Diminati di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia