Akreditasi Kampus Vs Jurusan, Mana Lebih Penting & Harus Didahulukan?

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 27 Des 2021 13:33 WIB
BAN-PT
Foto: istimewa
Jakarta -

Akreditasi kampus dan jurusan banyak dibutuhkan saat melamar beasiswa, pekerjaan, dan lain sebagainya. Organisasi yang berhak memberikan akreditasi bagi universitas adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Dikutip dari laman BAN-PT, akreditasi adalah salah satu standar nilai dan kualitas mutu lembaga pendidikan. Ada perbedaan antara akreditasi perguruan tinggi dan program studi (prodi).

Perbedaan Akreditasi Kampus Vs Jurusan

Akreditasi perguruan tinggi adalah rata-rata seluruh akreditasi jurusan di sebuah perguruan tinggi. Namun, sistem dan manajemen juga menjadi pertimbangan penting menentukan hal ini. Sementara, akreditasi prodi mencakup seluruh mutu dan kualitas pendidikan, misalnya sistem pembelajaran, hasil lulusan, dan materi.

Dapat dikatakan, akreditasi kampus maupun jurusan punya nilai kesetaraan yang sama. Tetapi, dikatakan dalam laman BAN-PT, saat calon mahasiswa ingin mendaftar ke sebuah jurusan, sebaiknya mengetahui terlebih dulu akreditasi prodi yang bersangkutan.

Lantas, apa saja yang menjadi alasan bahwa akreditasi perguruan tinggi ataupun jurusan sangatlah penting? Berikut ini penjelasannya, berdasarkan laman BAN-PT.

5 Alasan Akreditasi Kampus Sangat Penting

1. Standar Mutu Pendidikan

Tentunya, semakin tinggi akreditasi sebuah kampus, maka semakin bagus juga kualitas pendidikan di sana. Maka, sebisa mungkin calon mahasiswa memilih kampus dengan akreditasi yang bagus untuk SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan jalur mandiri 2022 nanti.

2. Menjadi Syarat untuk Melamar ke Instansi Pemerintah


Dalam penerimaan calon aparatur sipil negara, akreditasi perguruan tinggi menjadi salah satu syarat untuk mendaftar. Ditambah lagi, instansi-instansi pemerintah juga meminta persyaratan ijazah dalam proses seleksi.

3. Diperlukan Saat Mendaftar ke Perusahaan Swasta

Tidak hanya dalam lowongan kerja pemerintah, dalam lowongan sektor swasta pun sangat sering ditemukan syarat akreditasi kampus. Sebagian perusahaan juga mensyaratkan akreditasi perguruan tinggi dan jurusan/prodi sekaligus.

4. Cerminan Lembaga Pendidikan

Pastinya, kualitas sebuah kampus dapat dilihat dari akreditasi sebuah kampus. Inilah kenapa dalam berbagai bentuk peluang beasiswa juga diperlukan akreditasi perguruan tinggi.

5. Daya Saing Lulusan yang Lebih Terjamin

Suatu kampus yang nilai akreditasinya bagus, tentu memiliki sistem pembelajaran yang setara dengan perkuliahan internasional. Hal ini turut menunjukkan kualitas pengajarnya sendiri.

5 Alasan Kenapa Akreditasi Program Studi Sangat Penting

1. Menjelaskan Kelayakan Program Studi

Kelayakan program studi dapat dilihat dari status akreditasinya. Apalagi, untuk mendapatkan akreditasi yang bagus, ada kriteria dan ketentuan yang mengacu pada standar nasional perguruan tinggi.

2. Bisa Menjadi Jaminan Lulusan Kompeten

Akreditasi prodi juga merujuk pada mutu sumber daya manusianya. Maksudnya, faktor ini melihat apakah lulusannya siap kerja atau tidak.

3. Akreditasi Menjadi Jaminan Kualitas Prodi

Akreditasi dapat dilihat melalui kualitas suatu prodi, baik dari segi akademik maupun nonakademiknya. Akreditasi pun ditujukan untuk melindungi mahasiswa dan kepentingan masyarakat yang terlibat.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, akreditasi kampus maupun prodi punya nilai kesetaraan yang sama. Dalam aspek umum akreditasi perguruan tinggi sifatnya sangat penting. Sebab, nilainya akan memberikan perhatian pada calon mahasiswa.

Akan tetapi akreditasi jurusan juga sangat penting, terlebih untuk calon mahasiswa yang hendak memilih program studi dalam penerimaan mahasiswa baru.



Simak Video "Jokowi Kritik Kampus yang Masih Ajarkan Ilmu 20 Tahun Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia