Suka Nggak Percaya Sama Orang Lain? Yuk Coba Komunikasikan

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 14 Des 2021 14:00 WIB
ilustrasi berpelukan dengan teman
Ilustrasi hubungan kepercayaan yang rentan trust issue bagaimana mengatasinya? yuk komunikasikan. Foto: thinkstock
Jakarta -

Suka nggak percaya pada orang lain atau trust issue adalah fenomena psikologi umum. Fenomena kehilangan kepercayaan pada orang lain ini bisa terjadi pada siapa saja.

Bagaimana mengatasi trust issue atau rasa suka nggak percaya orang lain?

Dikutip dari laman Unair, trust issue tidak selalu muncul akibat interaksi negatif di masa kecil. Bisa juga karena pengalaman negatif misal dibohongi, di-bully, atau dimanfaatkan orang lain.

Menurut psikolog Putu Rarasati yang sedang menjalani magister profesi psikologi Unpad ini, penting sekali untuk mengatasi trust issue. Ketakutan berlebihan justru bisa menutup peluang hubungan sehat.

"Pertama, terima risiko dan tantang pemikiran negatif yang secara tidak sadar kita miliki. Ketika pemikiran tersebut, tanyakan ke diri kalian apakah kalian tahu pasti bahwa itu benar," kata psikolog yang kerap disapa Raras.

Cara kedua adalah mencoba mengkomunikasikan pada lingkungan sekitar. Menurut Raras, harapan diri sendiri pada orang lain coba dibicarakan pada orang lain untuk mengetahui reaksi yang diberikan.

"Selanjutnya, mulai dengan membagikan hal-hal kecil kepada teman dan coba lihat reaksinya apakah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Jika belum, coba komunikasikan harapan kalian seperti apa," ujar Raras.

Raras mengatakan, cara tersebut bisa ditindaklanjuti dengan memberi ruang berbagi pada teman. Saling komunikasi dan berbagi diharapkan bisa mengatasi trust issue atau masalah kepercayaan yang muncul.

Cara lain yang bisa dicoba adalah selektif dalam memilih pertemanan. Maksudnya bukan untuk diskriminasi tetapi berdasarkan kualitas dirinya. Dengan cara ini diharapkan bisa muncul pemikiran setiap orang layak dipercaya.



Simak Video "Benarkah Hancurkan Barang itu Termasuk Self Healing? "
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia