7 Tips dan Trik Sukses Hadapi UAS Online untuk Mahasiswa

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 03 Des 2021 10:30 WIB
Ilustrasi Kuliah
Foto: Thinkstock/diego_cervo/Ujian Akhir Semester
Jakarta - Kalian akan menghadapi Ujian Akhir Semester atau UAS secara online atau ada yang offline dalam waktu dekat? Untuk mendapatkan hasil maksimal, persiapannya harus mantap.

Alih-alih belajar tanpa henti setiap hari, mahasiswa harus memahami beberapa hal penting saat menghadapi UAS online. Mulai dari manajemen waktu belajar, membuat kelompok belajar, hingga memilih tempat yang nyaman.

Merangkum laman Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Universitas Jember (Unej), berikut tips dan trik menghadapi UAS selengkapnya.

7 Tips dan Trik Sukses Menghadapi UAS Online:

1. Ketahui Kisi-Kisi Soal UAS

Sebelum berlangsung UAS, biasanya dosen akan memberikan kisi-kisi soal yang akan keluar. Jika tidak, kamu bisa menanyakannya agar bisa mempersiapkan UAS lebih matang.

Dengan mengetahui kisi-kisi soal, kamu bisa mulai belajar sesuai dengan prioritas soal yang akan keluar. Hal ini tentu akan membantu proses belajar sebelum UAS dimulai.

Kamu juga bisa menanyakan sistem UAS, apakah bentuk tugas atau dalam bentuk ujian langsung via virtual meeting.

2. Tentukan Cara Belajar

Setiap mahasiswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Pilihlah metode belajar yang tepat supaya bisa menguasai materi yang akan diujikan misalnya belajar kelompok atau mandiri.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan metode verbal, audio atau media lain yang membantu proses belajar. Kamu bisa mencoba trik belajar efektif yakni belajar sebelum jam tidur dan setelah bangun tidur.

Metode belajar seperti itu bisa efektif karena kondisi otak dalam keadaan tenang dari aktivitas dan lebih jernih.

3. Buat Manajemen Waktu

Setelah mengetahui jadwal UAS online dan menentukan cara belajar, kamu bisa mulai membagi waktu belajar dengan aktivitas lainnya.

Kebanyakan mahasiswa hanya fokus belajar berjam-jam tanpa memperhatikan keseimbangan aktivitas dan pikiran. Padahal melakukan kegiatan lain juga penting agar tidak jenuh.

Pastikan kamu memiliki waktu belajar yang cukup dan tetap melakukan aktivitas lain dengan lancar.

4. Hindari Sistem Kebut Semalam (SKS)

Salah satu metode yang paling dikenal mahasiswa adalah belajar dalam waktu semalam atau disebut sistem kebut semalam (SKS). Bagi sebagian mahasiswa mungkin bisa, namun metode ini kurang disarankan karena terlalu membebani pikiran dalam jangka waktu yang terus-menerus.

Untuk menghadapi UAS online berupa tugas mungkin bisa dilakukan, namun untuk belajar banyak materi di waktu yang sama tentu akan mudah lelah. Sebaiknya persiapkan waktu minimal 2 hari sebelum UAS berlangsung dan melakukan review pada malam atau pagi hari sebelum UAS.

5. Review Materi dan Buat Catatan Kecil

Periksalah kembali catatan minimal 2 minggu sebelum UAS dilaksanakan. Lengkapilah catatan yang belum sempurna dengan meminta bantuan teman. Catatan yang lengkap dan tersusun dengan rapi akan membuat kita yang membaca mudah memahaminya dan tidak cepat bosan.

Membuat review atau catatan kecil bisa membantu dalam proses belajar. Hal ini berguna untuk mengingat lebih mudah materi khususnya dari kisi-kisi yang dosen berikan.

6. Buat Kelompok Belajar

Membuat kelompok belajar juga penting dilakukan, karena hal ini sekaligus ajang untuk sharing seputar materi UAS yang belum dipahami.

Usahakan buat belajar kelompok yang waktunya tidak terlalu mepet dengan ujian. Karena biasanya saat menjelang ujian, banyak teman-teman yang memilih fokus belajar sendiri dan tidak ingin diganggu.

7. Pilih Tempat yang Nyaman

Jika UAS online berupa tugas, maka kamu perlu mengerjakan di tempat yang membuat kamu nyaman dan tidak terganggu aktivitas lain.

Sedangkan jika UAS online dikerjakan secara langsung, usahakan mencari tempat yang nyaman, jauh dari gangguan suara, dan mendapat pencahayaan yang baik. Tidak lupa, mahasiswa juga harus memastikan memiliki jaringan atau sinyal internet yang kuat.

Dengan memilih tempat ujian yang nyaman, mahasiswa bisa lebih fokus dan berkonsentrasi saat mengerjakan soal-soal UAS nantinya.

Nah, itulah 7 tips & trik menghadapi UAS online untuk mahasiswa. Selamat ujian!

Simak Video "Jokowi Sarankan Mahasiswa Kedokteran Juga Belajar Robotik"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia