5 Tips Belajar Efektif ala Hermione Granger, Sahabat Harry Potter yang Dikenal Cerdas

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 16 Nov 2021 20:30 WIB
Si Cerdas Hermione Granger Saat Belajar
Foto: instagram @harrypotterfilm/5 Tips Belajar Efektif ala Hermione Granger, Sahabat Harry Potter yang Dikenal Cerdas
Jakarta - Masih ingat dengan film fantasi Harry Potter? Ada salah satu tokoh yang bisa menginspirasi karena dikenal cerdas dalam hal belajar, serta memiliki pengetahuan yang luas.


Tokoh yang dimaksud adalah Hermione Granger, sahabat dekat Harry Potter. Saat berada di sekolah sihir Hogwarts, ia dikenal oleh teman dan gurunya sebagai siswa yang cepat memahami materi dan berpikir matang.


Merangkum laman sekolah BPK Penabur, terdapat 5 tips belajar yang bisa dicontoh dari Hermione Granger. Apa saja tipsnya?

5 Tips Belajar Efektif ala Hermione Granger:


1. Rajin Membaca


Jika dilihat kembali, banyak scene pada film Harry Potter saat di sekolah menunjukkan Hermione sering membawa buku ke mana-mana.


Misalnya saja ketika ada scene menunggu Harry dan Ron, Hermione biasanya menghabiskan waktu dengan membaca buku. Selain itu, sering juga diperlihatkan bahwa Hermione selalu antusias dan aktif saat kegiatan belajar di kelas.

Bahkan di luar kelas, ia suka mencari pengetahuan baru serta melakukan eksperimen sendiri. Kebiasaan Hermione ini bisa ditiru agar siswa bisa belajar untuk menambah wawasan. Detikers bisa luangkan waktu sekitar 10 menit untuk membaca buku.


2. Sering Membuat Catatan


Tidak hanya rajin membaca ternyata Hermione juga rajin membuat catatan. Dia selalu mencatat hal-hal yang dianggap penting dan menyimpan catatan itu dengan baik.


Karena dengan mencatat, otak akan lebih mudah menyerap materi yang dipelajari ketimbang hanya dengan membaca atau mendengarkan.


Kamu bisa membuat catatan yang mudah diingat dengan memberi warna pada bagian yang penting.


3. Membuat Jadwal Belajar


Hal lain yang membuat Hermione cerdas adalah rajin membuat jadwal belajar. Hal ini dilakukan agar bisa menentukan kapan dia harus belajar, dan apa saja yang harus dipelajari.


Kebiasaan ini bisa kamu tiru dengan cara mengatur waktu untuk belajar, misalnya setiap malam sebelum jam tidur dan setelah bangun pagi.


Kamu juga bisa mengatur waktu belajar bersama teman-teman ketika libur. Tapi pastikan disiplin belajar berjalan agar tidak tergoda menghabiskan waktu untuk bermain.


4. Konsisten Berlatih


Pada salah satu scene film, Hermione pernah mengatakan pada Harry dan Ron, jika mereka tidak akan pernah bisa melafalkan mantra apabila belum bisa mengayunkan tongkat sihir dengan benar.


Dari scene tersebut, Hermione mengajarkan bahwa untuk memahami suatu hal, penting untuk mempelajari hal dasar terlebih dahulu. Kemudian lakukan itu dan berlatih sampai kamu benar-benar telah menguasai materi itu.


5. Tetap Istirahat Ketika Belajar


Belajar memang harus fokus, tapi bukan berarti kamu harus terus menghabiskan semua waktu untuk memahami pelajaran. Hermione memberi contoh ketika belajar, ia menyempatkan waktu istirahat untuk menyegarkan pikiran dengan bermain bersama Harry dan Ron.


Hal tersebut dilakukan karena untuk meningkatkan produktivitas belajar, maka diperlukan istirahat yang cukup.


Saat kamu mulai tidak fokus belajar, kamu bisa istirahat sejenak dengan keluar rumah untuk menghirup udara segar, melakukan sedikit olahraga, atau bahkan tidur sebentar.


Nah, itulah 5 tips belajar efektif ala Hermione Granger. Kamu sudah menerapkan?

Simak Video "Pembangunan Ruang Kelas Mangkrak, Siswa SD Ini Belajar di Kolong Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia