Dear Mahasiswa, Ini 6 Tips Atasi Salah Ambil Jurusan Kuliah

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 01 Des 2021 10:30 WIB
Ilustrasi Kuliah
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Tidak semua mahasiswa dapat berkuliah sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Hal tersebut didasari dari beberapa faktor seperti pilihan orang tua, masalah dana, hingga gagal mengikuti seleksi di jurusan yang ingin dituju.

Jika detikers salah mengambil jurusan, jangan khawatir, ada tips untuk mengatasinya. Berikut adalah tips mengatasi salah mengambil jurusan kuliah yang dikutip dari laman LP3i:

1. Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan hal penting yang harus dilakukan ketika salah mengambil jurusan kuliah. Dengan pikiran yang positif kesuksesan dapat dicapai dengan kerja keras. Dengan memiliki pikiran ini proses perkuliahan dapat dijalani dengan semangat.

2. Mengikuti UKM dan Organisasi Kemahasiswaan

Mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM) dapat menjadi tips untuk mengatasi salah mengambil jurusan. Hal ini dikarenakan dengan mengikuti UKM, kalian akan mendapatkan pengetahuan, pengalaman,serta teman baru.

Jadi kalian tidak terpaku pada perasaan negatif karena salah mengambil jurusan.

3. Mengambil Kursus

Mengambil kursus adalah cara untuk meningkatkan kualitas diri sejak dini. Kalian dapat mengikuti kursus mata pelajaran tertentu untuk meningkatkan nilai yang kurang.

Dengan mengikuti kursus juga dapat mengembangkan soft skill seperti kursus bahasa asing atau desain grafis. Jika terhalang biaya maka kalian tidak perlu khawatir karena sekarang banyak platform kursus gratis yang dapat dimanfaatkan.

4. Magang Kerja

Mengikuti program magang merupakan kesempatan bagi seorang mahasiswa untuk merasakan pengalaman berkarier di dunia kerja profesional. Dengan mengikuti magang kalian akan mendapatkan wawasan baru dan juga memperluas jaringan pertemanan yang bermanfaat untuk masa depan.

5. Mengambil Pendidikan Lanjutan Sesuai Minat

Ketika salah mengambil jurusan kuliah di S1, kalian tetap dapat mengikuti kuliah di jurusan yang kalian minati di jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu S2. Ada beberapa jurusan pascasarjana yang menerima mahasiswa dari jurusan yang tidak linear.

Walaupun membutuhkan penyesuaian di awalnya, namun tidak usah khawatir karena hal tersebut dapat memberikan keuntungan seperti dapat menyelesaikan masalah dari beragam perspektif.

6. Mengambil Double Degree

Jika dirasa memungkinkan, double degree dapat menjadi solusi yang tepat. Double degree berarti mengambil kuliah di dua jurusan sekaligus. Setelah lulus, kalian akan memiliki dua ijazah. Dalam mengambil double degree kalian tidak harus menjalaninya secara bersamaan.

Kalian dapat mengambil jurusan sesuai minat dalam satu atau dua tahun kemudian. Double degree juga membutuhkan biaya dan usaha ekstra. Pastikan diri kalian siap ya!

Itulah tips mengatasi salah mengambil jurusan kuliah. Jadi tetap semangat ya detikers!



Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia