9 Rock Star Alumnus Kampus Top Dunia, Ada yang Dijuluki Punk Professor

Kristina - detikEdu
Sabtu, 27 Nov 2021 18:09 WIB
Universitas Harvard
Kampus Harvard University Amerika Serikat di mana sejumlah rock star dunia pernah menuntut ilmu (Foto: Eric Sucar)
Jakarta -

Tak hanya bersinar dalam ingar bingarnya panggung musik rock, sejumlah rock star dunia ternyata punya otak cemerlang.

Agregator peringkat dan ulasan perguruan tinggi, College Consensus, merilis daftar sejumlah musisi rock terkenal yang merupakan lulusan perguruan tinggi terbaik dunia.

Para rock star ini yang masuk daftar tersebut justru tak mengambil jurusan seni. Ada yang jadi sarjana ilmu politik, jago bidang teknik hingga jadi inventor, bahkan ada yang jadi dosen di almamaternya .

Berikut 9 rock star paling terkenal alumnus perguruan tinggi ternama dunia, baik yang bergelar Bachelor, Master, maupun PhD.

1. Rivers Cuomo

Musisi yang banyak menghasilkan karya terbaiknya pada tahun 90an ini merupakan lulusan dari Harvard University. Rivers tidak langsung kuliah setelah SMA. Vokalis utama sekaligus gitaris band Weezer kelahiran New York ini memilih untuk pergi ke Los Angeles untuk berkarir di dunia musik.

Ia kemudian berhasil masuk Harvard University pada 1994. Dua tahun kemudian Cuomo kena dropout karena sibuk manggung. Baru pada 2004 dia kembali ke Harvard dan mendapatkan gelar Bachelor dalam bidang bahasa Inggris pada 2008 lalu.


2. Tom Morello

Pecinta musik rock pasti tak asing dengan nama Tom Morello. Vokalis dan gitaris utama band Rage Against the Machine dan kemudian Audioslave ini ternyata alumnus Harvard University.

Tak hanya jadi rock star, Morello yang punya gelar Bachelor dalam ilmu politik ini pun adalah seorang aktivis. Lewat lirik lagu yang diciptakan, ia menyuarakan kritik melawan ketidakadilan di dunia.

Nampaknya, berpolitik bagi Tom sudah menjadi tradisi dalam keluarganya. Ayahnya merupakan seorang pejuang kemerdekaan Kenya dan duta besar pertama negaranya untuk PBB. Menurutnya musik dan aktivis adalah dua hal yang selalu terjalin.

3. Tom Scholz

Tom Scholz menerima gelar Master di bidang Teknik Mesin dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1970 dan bekerja untuk Polaroid Corporation sebagai insinyur desain senior.

Tom sudah memiliki banyak prestasi besar, bahkan sebelum memulai band legendaris Boston. Ia juga memegang puluhan hak paten dalam bidang teknologi audio.

4. Greg Graffin

Greg Graffin adalah vokalis salah satu band punk legendaris Bad Religion. Tak hanya piawai tarik suara, ia juga punya otak yang cemerlang. Graffin berkuliah di jurusan Biologi dan Geologi di University of California Los Angeles (UCLA).

Saat nama Bad Religion mulai melejit, ia masih sempat melanjutkan untuk mendapatkan gelar Master di bidang Geologi di UCLA dan kemudian menerima gelar Ph.D bidang Zoology dari Cornell University.

Kini Graffin masih sibuk mengajar di di Department of Ecology and Evolutionary Biology, Cornell University. Ia juga menuliskan sebuah buku populer Population Wars: A New Perspective on Competition and Coexistence. Di kalangan dunia musik, Graffin dijuluki Punk Professor.

5. Jim Morrison

Siapa tak kenal dengan grup rock The Doors? Jim Morrison pernah jadi vokalis band Amerika Serikat yang dibentuk pada 1965 itu. Morrison juga pernah kuliah di UCLA jurusan film.

6. Milo Aukerman

Milo Aukerman menerima gelar PhD dalam Biokimia dari University of Southern California. Vokalis band punk Descendents ini adalah pria dengan dua cinta: genetika dan punk rock.

Perjuangan pribadi rock star ini tentang jalan mana yang harus dipilih selamanya diabadikan dalam album debut Descendents, Milo Goes to College.

Selanjutnya Vokalis The Offspring >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia