Dear Calon Mahasiswa, Ini 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 18 Okt 2021 11:30 WIB
A portrait of an Asian college student on campus
Foto: iStock
Jakarta -

Memilih jurusan atau program studi saat ingin berkuliah merupakan aspek penting. Hal ini dikarenakan jurusan kuliah juga memengaruhi kehidupan dan karier di masa mendatang.

Bagi detikers yang masih bingung memilih jurusan kuliah, jangan khawatir ada beberapa tips untuk mengetahuinya. Berikut 5 tips memilih jurusan kuliah agar tidak salah jurusan dikutip dari laman Batam Tourism Polytechnic:

Tips Memilih Jurusan Kuliah

1. Mengenali Cita-Cita, Minat, dan Potensi Diri

Sebelum memilih jurusan kuliah, ada baiknya detikers mengubah persepsi terlebih dahulu. Jangan menanyakan jurusan apa yang harus kupilih? Melainkan tanyakanlah jurusan apa yang tepat untukku?

Langkah pertama dalam memilih jurusan yang tepat adalah memilih jurusan yang tepat dengan memahami bidang studi yang tepat untuk kalian. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek seperti cita-cita, minat, dan potensi diri.

Gunakan pertanyaan berikut, agar kalian tidak bingung

1. Aku ingin bekerja di industri

2. Hal apa yang bisa membuatku lupa waktu?

3. Apa kekuatan terbesarku?

4. Apa yang tidak aku sukai?

5. Orang bilang aku bertalenta di bidang apa?

2. Mempertimbangkan Peluang Masa Depan

Setiap jurusan memiliki peluangnya masing-masing. Dengan begitu kalian dapat mempertimbangkan jurusan yang memiliki prospek karir yang menjanjikan di masa depan.

Amatilah kondisi terkini dan sesuaikan dengan prospek karir dari jurusan tersebut. Kalian juga dapat bertanya dengan alumni mengenai jurusan yang dipilih.

3. Melakukan Riset

Setelah memilih beberapa pilihan jurusan, kalian dapat melakukan riset untuk memperkuat dalam memilih jurusan tersebut. Kalian dapat memulainya dengan mata kuliah apa saja yang dipelajari, kampus yang menyediakan jurusan tersebut, biaya, dan akreditasinya, hingga jalur karir yang tersedia.

Buatlah daftar jurusan yang sesuai dengan diri kalian dan kemudian kumpulkan riset serta bandingkan data untuk mendapatkan jurusan yang paling tepat.

4. Konsultasikan dengan Pihak Lain

Mengonsultasikan jurusan kuliah dengan pihak lain juga merupakan hal yang penting. Coba diskusikan hal ini dengan orang-orang terdekat seperti orang tua, keluarga, dan teman.

Dengarkan pendapat dan saran mereka lalu sesuaikan dengan keinginan diri.

5. Memberi Waktu Kepada Diri Sendiri

Setelah kalian melakukan beberapa langkah di atas, hal terakhir yang dapat dilakukan adalah memberi waktu kepada diri sendiri. Izinkan diri kalian memikirkannya secara perlahan-lahan, mulai dari kemampuan diri, peluang masa depan, hingga pendapat dari orang terdekat.

Upayakan agar tidak terpengaruh orang lain juga ya!

Itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang tepat ya detikers! Tetap semangat ya!



Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia