Ingin Punya Masa Depan Cerah? 10 Tips Ini Harus Dipersiapkan Mahasiswa

Lusiana Mustinda - detikEdu
Senin, 11 Okt 2021 18:30 WIB
Businesswoman Checking E-mail Online on Laptop
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta - Saat kuliah, beberapa mahasiswa terlihat santai dan lupa dengan kariernya di masa depan. Padahal dengan pengembangan karier di masa depan perlu dipersiapkan dari sekarang.

Perguruan tinggi mengajarkan banyak tentang pengetahuan teoritis yang mungkin dibutuhkan oleh lulusan. Akan tetapi tidak semua praktiknya bisa kita dapatkan di bangku kuliah.

Persiapan untuk meraih karier yang cemerlang bisa dimulai sejak menjadi mahasiswa. Berikut ini beberapa tips mempersiapkan karier untuk mahasiswa yang dilansir dalam Forbes:

1. Latih Otak untuk Mengelola Stres

Saat sudah bekerja tentu stres akan menghampiri. Agar kesuksesan kita tidak terhambat oleh stres, tentu kita perlu mencari cara untuk mengelola pemicu stres. Cari cara untuk mengelola stres secara real-time di awal karier kamu untuk memastikan kehidupan kerja yang lebih lama, lebih sehat, dan bahagia, seperti melakukan hobi yang kamu suka.

2. Latih Kecerdasan Emosional

Latih empati dengan memperhatikan apa yang orang lain rasakan. Latihlah seni percakapan yang produktif dengan mendengarkan sudut pandang orang lain dan mengajukan pertanyaan yang bagus. Tetap menjalin hubungan baik dengan teman sekelas atau bahkan dosen. Karena ini bisa menjadi kunci peluang karier kamu di tahun mendatang.

3. Mengembangkan Kecerdasan Budaya

Untuk memahami pasar kontemporer, seseorang perlu mengembangkan kepekaan dan keterbukaan terhadap keragaman dan perbedaan multikultural. Anda perlu berhubungan dan bekerja secara efektif lintas budaya.

Bagaimana cara memulainya? Pahami dulu warisan dan keunikan budaya kamu sendiri. Dengan rasa ingin tahu yang sama, amati orang lain. Belajar bahasa dan bepergian sebanyak mungkin.

4. Mulai Kumpulkan Prestasi Pekerjaan

Riwayat kerja yang ditunjukkan dengan pencapaian yang dapat diukur memang bagus, tetapi bagaimana jika kamu tidak memilikinya? Selain magang, mulailah dengan memikirkan proyek yang telah kamu lakukan di sekolah.

5. Pelajari Soft Skill

Tanpa keterampilan ini gelar apapun tidak ada artinya. Mempelajari cara menjalankan prinsip dan taktik yang efektif dalam hal berkomunikasi secara efektif, memimpin, dan mengikuti orang lain, memecahkan masalah, serta menjadi tangkas dalam menghadapi rintangan.

6. Magang

Cara terbaik untuk menjadi sukses setelah lulus adalah mendapatkan pengalaman kerja di industri atau perusahaan sebelum lulus. Magang adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman itu dan berpotensi mendapatkan lowongan di perusahaan tempat kita magang.

7. Bangun Karier dengan Hal yang Kita Sukai

Banyak mahasiswa yang merencanakan "pekerjaan". Mereka fokus pada perusahaan apa yang harus mereka ikuti, dan peran apa yang harus diambil, serta mereka akhirnya tidak bahagia. Sebaiknya ketahui apa yang disukai serta bangun keahlian dari sana.



Simak Video "Mahasiswa di Jakarta Turun ke Jalan, Tuntut Harga Ayam-Telur Stabil"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia