Program 'Pejuang Muda' Bisa Gantikan 20 SKS, Ini Syarat dan Tahap Seleksinya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 17 Sep 2021 19:30 WIB
Pejuang Merdeka Kampus Merdeka diluncurkan Kemensos dan Kemdikbud
Foto: Screenshoot Doc. Kemensos
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) baru saja meluncurkan program Pejuang Muda Kampus Merdeka untuk mahasiswa.


Program ini akan membimbing mahasiswa untuk menemukan tantangan sosial di Indonesia, memformulasikan dan implementasi solusi terbaik yang memberikan dampak dalam bidang pengembangan program bantuan sosial, pemberdayaan fakir miskin dan lansia, pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan, dan fasilitas untuk kepentingan umum.


"Sebagai bagian dari Program Kampus Merdeka Kemdikbud Ristek, program pejuang muda ini menjadi bagian dari pembelajaran mahasiswa karena setara dengan 20 SKS (1 semester perkuliahan)," kata Risma dalam peluncuran program Pejuang Merdeka via Youtube Kemensos, Jumat (17/9).


Bobot akademis dan waktu yang panjang tersebut, menurut Risma perlu dimanfaatkan mahasiswa sebagai ruang belajar dan ekspresi untuk membuat perubahan sosial.


Selain itu, melalui program ini, mahasiswa juga akan menjadi bagian dari 5.140 inovator yang memberikan solusi sosial menyelesaikan tantangan sosial di 514 daerah di Indonesia.


"Mahasiswa akan ditantang untuk belajar dari masyarakat secara langsung sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, pemuka masyarakat, tokoh agama setempat serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah," tutur Risma.


Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Mendikbud Nadiem Makarim juga memastikan bahwa Perguruan Tinggi harus menjamin 20 SKS kepada mahasiswa sebagai pengganti mata kuliah dalam satu semester.


"Saya menggunakan kesempatan ini untuk Rektor dan Civitas Akademika untuk menekankan bahwa kalau mahasiswa-mahasiswanya masuk dalam program yg sudah di approve oleh Dirjen Dikti (termasuk program Pejuang Merdeka), maka anak itu wajib diberikan 20 sks dan tidak boleh berdampak pada jangka waktu kelulusannya," tegas Nadiem.


Menurut Nadiem, status program-program yg sudah disetujui Dirjen Dikti adalah bypass daripada program studi (prodi). Hal itu dikarenakan dalam menerima mahasiswa, sudah melalui proses kurasi termasuk dalam program Pejuang Muda Kemensos.


Program Pejuang Muda juga sudah memastikan telah memiliki kompetensi yang lengkap seperti entrepreneurship, kemandirian, kreativitas, gotong royong, spiritualitas dan moralitas.

Persyaratan Pendaftaran Program


Nah, bagi detikers yang berminat, bisa catat persyaratan program Pejuang Muda Kampus Merdeka berikut ini.


1. Terbuka untuk mahasiswa program studi S1/Pendidikan vokasi jurusan kedokteran, kesehatan masyarakat, komunikasi, sosial, manajemen, teknik sipil, lingkungan, arsitektur, teknik industri, teknik informatika dan jurusan eksakta maupun sosial lainnya


2. Mahasiswa perguruan tinggi aktif yang minimal berada di semester 5


3. IPK Minimal 2,75


4. Memiliki pengalaman organisasi di lingkungan kampus maupun luar kampus


5. Memiliki kemampuan kerjasama dan komunikasi yang baik


6. Memiliki komitmen mengikuti dan menyelesaikan program Pejuang Muda


7. Bersedia mengikuti kegiatan secara online maupun offline


8. Tidak terikat program sejenis di institusi/lembaga lain

Cara registrasi dan tahapan seleksinya >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia