Mahasiswa Unnes Ciptakan Kosmetik dari Cangkang Telur untuk Cegah Penuaan Dini

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 21 Agu 2021 11:54 WIB
Tim mahasiswa Unnes ciptakan kosmetik dari cangkang telur
Foto: Screenshoot
Jakarta - Lima mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil ciptakan kosmetik untuk cegah penuaan dini dari limbah bahan makanan. Mereka mengubah cangkang telur menjadi produk yang bermanfaat.


Kelima mahasiswa tersebut adalah Zakiya Ayu Nisa (Pendidikan Tata Kecantikan 2020), Elsa Nurul Safitri (Pendidikan Tata Kecantikan 2020), Ikfina Kamelia Rizqi (Teknik Kimia 2019), Dafina Eka Claradia (Teknik Kimia 2019), Maya Indah Sulistyowati (Ekonomi Pembangunan 2020).


Sekelompok mahasiswa Fakultas Teknik (FT) tersebut tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Kemendikbudristek di bawah bimbingan dr Eny Widhia Agustin yang berhasil lolos Dana Hibah PKM 2021.

Tim mahasiswa Unnes mengubah cangkang telur yang merupakan limbah organik menjadi produk kosmetik face spray yang diklaim dapat mencegah penuaan dini serta menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.


Menurut Zakiya, selaku ketua TIM PKM K mengutarakan, sampai saat ini cangkang telur ayam terutama membran cangkang telur ayam belum dimanfaatkan secara maksimal terutama pada bidang kosmetik.


"Padahal membran cangkang telur ayam mengandung collagen yang dapat menjaga kelembaban dan elastisitas kulit yang bisa mencegah penuaan dini," terang Zakiya.


Menurutnya, dengan kandungan collagen tersebut, tim jadi memiliki inspirasi untuk membuat produk berbentuk cairan semprot (spray) pada muka.


"Kami terinspirasi untuk membuat inovasi produk kosmetik collagen face spray, produk pelembab wajah yang mengandung collagen untuk mencegah penuaan dini," tambahnya.


Sementara itu, dr Eni selaku pembina mengatakan pada dasarnya kulit memang membutuhkan hidrasi dan juga asupan nutrisi yang tepat.


Produk collagen face spray ini, merupakan produk yang berbentuk produk spray yang bisa menjadi solusi masalah hidrasi kulit dan penutrisian terutama kulit wajah.


Dengan inovasi ini, dr Eni dan juga tim mahasiswa Unnes berharap produk face spray dari cangkang telur bisa diterima dan menjangkau masyarakat luas. Produk collagen face spray, juga diharapkan bisa menjadi inovasi produk kosmetik yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia.


"Melihat lokasi indonesia yang termasuk daerah tropis yang menyebabkan sebagian wanita memiliki kulit kering, Kami tentu berharap Tim PKM K kami bisa lolos dan sukses sampai Pekan Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021," pungkasnya.


Adapun untuk produk collagen face spray ciptaan tim mahasiswa Unnes bisa dijumpai pada laman instagram @bauten.id.



Simak Video "Jubir Wapres Jawab Kritikan Mahasiswa Soal Gelar 'King of Silent'"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia