Unpad Buka 6 Mata Kuliah Kerja Sama dengan Industri, Yuk Daftar!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 25 Jul 2021 16:00 WIB
Gedung Rektorat Unpad
Foto: Gedung Rektorat Unpad (dok. Unpad)
Jakarta - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka enam mata kuliah kerja sama dengan industri melalui program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) yang digagas Kemendikbud Ristek RI.


Program KMMI merupakan program baru yang diluncurkan guna mendukung kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek RI. Program ini bisa memberi keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar, menimba dan mendapatkan pengalaman di luar kampus.


"Melalui KMMI, mahasiswa punya kesempatan belajar di luar kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka dapatkan," ujar ketua pelaksana program KMMI Unpad drg. Erli Sarilita, M.Sc., PhD, seperti dikutip detikEdu dari laman resmi Unpad (25/7).


Berbeda dengan program implementasi Kampus Merdeka lainnya, KMMI merupakan program pendidikan pelengkap dari pembelajaran penuh yang dilakukan.


Dikategorikan sebagai pelengkap, karena KMMI dapat digelar secara daring dan dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, yaitu 8 minggu.


"Sekalipun dikategorikan sebagai program pelengkap dan singkat, materi mata kuliah yang tersedia pada KMMI sangat beragam dan komprehensif. Program KMMI juga melibatkan langsung mitra industri sebagai pengajar, sehingga materi yang diajarkan mampu selaras dengan apa yang dilakukan di dunia kerja," jelas Erli.


Menurutnya, program ini bisa semakin menambah keterampilan mahasiswa mendapatkan ilmu. Tidak hanya dari perguruan tinggi tetapi dari industri.


Enam Mata Kuliah Bekerja Sama dengan Industri


Adapun enam mata kuliah di Unpad yang sudah bekerja sama dengan mitra industri, antara lain:


1. Artificial Intelligence (bermitra dengan Huawei)

2 Teknik Produksi Vaksin Terkini (bermitra dengan Biofarma)

3. Marketing 4.0 Certification (bermitra dengan Markplus Institute)

4. SDG4: Pendidikan Berkualitas (bermitra dengan UNICEF)

5. Cleft Lip and Palate (bermitra dengan Smile Train dan YPPCBL)

6. Micro-credential: Productivity Track (bermitra dengan Microsoft)


Erli menjelaskan, nantinya akan ada 1.480 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang akan ditampung Unpad melalui program KMMI ini. Mahasiswa tidak hanya diberi teori namun juga studi kasus.


"Peserta murni mengikuti pembelajaran, bukan magang atau bekerja. Peserta juga tidak sekadar diberikan teori, tetapi akan ada praktikum, tugas, hingga studi kasus," ungkapnya.


Selain pengalaman berharga, program ini juga menyediakan uang saku sebesar Rp 400 ribu bagi setiap peserta. Khusus untuk materi Marketing 4.0 Certification, peserta tidak akan mendapatkan uang saku, tetapi diganti dengan sertifikasi cuma-cuma.


Terkait sertifikat yang dikeluarkan oleh KMMI, nantinya bisa dikonversikan ke dalam nilai mata kuliah. Namun, menurut Erli, hal ini bergantung dari kebijakan prodi asal mahasiswa.


"Walau program digelar selama 8 minggu, sertifikat KMMI bisa dikonversikan serta dengan 3 SKS di program studi asal. Ini tergantung kebijakan dari program studi asalnya," imbuhnya.


Konsultasi Terlebih Dahulu


Program KMMI hanya diperuntukan bagi mahasiswa program Sarjana reguler dan dibuka mulai 19 Juli sampai 31 Juli 2021. Pendaftaran Bisa ditutup lebih cepat apabila jumlah pendaftar sudah maksimal.


Sementara itu, terkait mahasiswa Unpad yang ingin mengikuti program ini, Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, M.T., PhD, menjelaskan bahwa program bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai macam program studi.


"Khusus bagi mahasiswa Unpad yang ingin mendaftar, silakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Kaprodi masing-masing mengenai materi yang akan dipilih. Konsultasi diperlukan untuk memastikan bahwa mata kuliah yang diambil di KMMI dapat dikonversikan ke dalam SKS yang sesuai," terang Fahmi.


Fahmi menjelaskan bahwa konsultasi dilakukan untuk memastikan capaian pembelajaran mata kuliah di KMMI sesuai dengan capaian pembelajaran yang ada di kurikulum prodi di mana mahasiswa tersebut berkuliah.


Buat kamu mahasiswa Unpad, bisa melihat informasi dan pendaftaran selengkapnya pada laman kmmi.kemdikbud.go.id/mhs.



Simak Video "Penjelasan Kemdikbud soal Spesifikasi Laptop yang Disoroti Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia