Kisah Mahasiswa Unpad yang Jalani Ujian Skripsi Saat Isolasi Mandiri

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 20:00 WIB
Kisah Mahasiswa Unpad yang Jalani Ujian Skripsi Saat Isolasi Mandiri
Foto: Dok. Unpad/Kisah Mahasiswa Unpad yang Jalani Ujian Skripsi Saat Isolasi Mandiri
Jakarta - Positif terpapar COVID-19 tidak menyurutkan semangat Mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) bernama Aldi Ginastiar untuk lulus. Aldi diketahui menjalani ujian skripsi Jumat (16/7) lalu saat positif COVID-19.

Aldi yang merupakan mahasiswa di jurusan Sastra Inggris ini pun harus sidang saat menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Pasalnya, ia baru terkonfirmasi COVID-19 pada Selasa (13/7/2021) kemarin.

Saat terpapar, awalnya Aldi merasakan gejala anosmia atau hilang indera penciuman dan batuk-batuk Walaupun begitu, Aldi sudah mendaftar untuk ikut ujian skripsi pada 16 Juli.

Pihak universitas juga telah memberikan keringanan kepada Aldi untuk mengundur jadwal sidangnya, tetapi ia menolak. Aldi memilih tetap menjalani sidang skripsinya pada 16 Juli 2021.

"Saya merasa punya tanggung jawab terhadap kuliah dan tanggung jawab terhadap keluarga. Saya juga sudah janji (untuk lulus bulan Juli) ke almarhum teman saya," ujar Aldi melansir di laman resmi Unpad.

Aldi menjalani ujian skripsi pada tanggal 16 Juli yang berlangsung sekitar 1-1,5 jam. Menurut Aldi kesulitan yang ia rasakan saat menjalani sidang adalah sulitnya berkonsentrasi dan berpikir. Hal tersebut disebabkan oleh dampak yang ditimbulkan dari virus COVID-19.

"Kerasa sekali, biasanya saya tahan di 2-3 jam di depan komputer, kemarin pas sidang setengah jam sudah pusing, linglung, dan ngantuk," kata mahasiswa Unpad tersebut.

Adapun saat sidang ujiannya juga dihadiri langsung oleh Dekan FIB Unpad yang juga merupakan guru besar di jurusan Sastra Inggris. abar menggembirakannya, Aldi mendapatkan nilai A dari hasil ujian skripsinya.

"Awalnya saya bingung kenapa bisa A. Perasaan saya sedang tidaKk fit. Walaupun sudah lakukan yang terbaik, saya sadar kalau saya lagi sakit," terang Aldi.

Aldi pun berpesan kepada mahasiswa lain terutama yang sedang menjalani isolasi mandiri agar tetap semangat dan tidak menjadikan sakit sebagai halangan.

"Saya rasakan sendiri, sakitnya COVID-19 bukan karena fisik, tapi lebih karena beban mental. Jadi jangan terlalu banyak pikiran, kalau misalnya punya tanggung jawab mending selesaikan, jangan ditunda-tunda," tutup mahasiswa Unpad tersebut.



Simak Video "Pakar Pulmonologi Sebut Sistem Isolasi Mandiri di RI Masih Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia