Bangga! Tim Asal RI Raih 4 Medali Olimpiade Informatika Internasional

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 29 Jun 2021 18:16 WIB
Bangga! Tim Asal RI Raih 4 Medali Olimpiade Informatika Internasional
Foto: Dok. Kemendikbudristek/Bangga! Tim Asal RI Raih 4 Medali Olimpiade Informatika Internasional
Jakarta - Tim asal Indonesia kembali mengharumkan nama Tanah Air pada kompetisi internasional. Mereka berhasil membawa pulang 4 medali dalam International Olympiad in Informatics (IOI) ke-33 di Singapura.

Adapun, empat medali tersebut terdiri dari satu medali emas, dan tiga medali perak. Mereka berhasil mengalahkan 355 peserta dari berbagai negara pada ajang yang digelar secara daring pada 19 hingga 25 Juni 2021.

Medali emas diraih oleh Pikatan Arya Bramajati, siswa SMA Semesta BBS Semarang dan tiga medali perak diraih oleh Nicholas Patrick dari SMA Cita Hati Christian Surabaya, Rama Aryasuta Pangestu dari SMAK Kanisius Jakarta, dan Edbert Geraldy Cangdinata dari SMA Sutomo 1 Medan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengaku bangga atas prestasi empat siswa Indonesia terbaik bidang informatika. Ia menjelaskan bahwa Kemendikbudistek selalu berupaya mengirimkan pelajar berprestasi ke berbagai ajang internasional.

"Kita memerlukan generasi-generasi atau barisan-barisan dan pasukan-pasukan di berbagai bidang yang harus kita siapkan. Oleh karena itu, lebih dari 15-20 tahun ini, Kemendikbudristek senantiasa konsisten menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional, khususnya di bidang informatika," ujarnya dikutip detikEdu dari siaran pers yang diterima, Selasa (29/6/2021).

Salah satu peraih medali, Pikatan Arya Bimajati mengatakan kompetisi tingkat nasional membuatnya menjadi lebih baik lagi untuk berprestasi di ajang internasional. Ia pun siap untuk ajang-ajang selanjutnya.

"Setelah meraih tingkat nasional membuat diri kita semakin baik lagi, untuk persiapan ke tingkat internasional, karena jelas lebih susah dan lebih ketat persaingannya," kata dia.

Sementara itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan IOI ke-34 di tahun 2022 nanti. Nantinya, acara akan berpusat di DI Yogyakarta. Ketua Umum Panitia Penyelenggaran IOI Tahun 2022, Rizal Alfian pun mengaku siap akan kesempatan tersebut.

"Alhamdulillah tahun depan kita juga siap dan mencoba berusaha untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Informatika Internasional (IOI) yang akan diselenggarakan di Indonesia," tutup Rizal.

Simak Video "Habiburokhman Dukung Lomba Mural Polri: Selama Tak di Tempat Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia