5 Siswa RI Disiapkan Ikuti Olimpiade Fisika Internasional 2021

Tim detikEdu - detikEdu
Kamis, 27 Mei 2021 15:15 WIB
Online education concept with person using a laptop on a white table
Foto: Getty Images/iStockphoto/Melpomenem/5 Siswa RI Disiapkan Ikuti Olimpiade Fisika Internasional 2021
Jakarta - Sebanyak lima siswa asal Indonesia disiapkan untuk mengikuti International Physics Olympiad (IPhO) atau Olimpiade Fisika Internasional pada 17-25 Juli 2021 mendatang.

Olimpiade Fisika Internasional 2021 akan berlangsung di Vilnius, Lithuania yang akan digelar secara luring (offline) dan juga daring.

Siswa yang disiapkan, yakni Edward Humianto dari SMAK 1 Penabur Jakarta,Joseph Oliver Lim dari SMAK 1 Penabur Jakarta, M 'Anin Nabail 'Azhiim dari MAN 2 Kota Malang, Dean Hartono dari SMAK Penabur Bintaro Jaya, dan Mario Alvaro dari SMAK Penabur Gading Serpong.

Sebelumnya, kelima siswa ini berhasil meraih prestasi dalam Asian Physics Olympiad (APhO) yang diikuti 23 negara/teritorial pada 17 - 24 Mei 2021.

Pembina dan pelatih Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) Hendra Johnny Kwee menyampaikan tim yang akan berpartisipasi di IPhO 2021 ini akan berada dalam koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Penyelenggara akan mengadakan baik secara daring maupun luring. Jadi negara peserta dapat memilih apakah akan datang ke Lithuania atau ikut dari negara masing-masing. Info yang kami terima, tim Indonesia akan ikut dari Indonesia saja," ujar pendiri Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (Simetri) itu pada detikEdu, Rabu (26/5/2021).

Adapun, Peter Addison Sadhani dari SMA Santo Aloysius 1 Bandung peraih emas dalam APhO 2021 tidak diikutkan dalam ajang IPhO 2021 mendatang.

"(Peter) tahun lalu sudah ikut di International distributed Physics Olympiad sebagai pengganti IPhO tahun lalu, karena tahun lalu IPhOnya tidak diselenggarakan. Atas pertimbangan tersebut, Peter tidak diikutkan dalam tim tahun ini di IPhO," katanya.

Hendra yang juga alumnus TOFI di IPhO 1997, Kanada juga menyampaikan dalam waktu kurang dari dua bulan seluruh anggota tim akan diberikan materi-materi latihan tambahan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia berhasil meraih 1 medali emas, 3 medali perak, 1 medali perunggu dan 3 Honorable Mention dalam APhO 2021 yang digelar National Taiwan Normal University dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan serta Kementerian Sains dan Teknologi Taiwan.

Peserta APhO tahun ini adalah Azerbaijan, Hong Kong, Indonesia, Israel, Jepang, Kazakhstan, Kirgizstan, Macau, Malaysia, Moldova, Mongolia, Rumania, Rusia, Saudi Arabia, Singapura, Taiwan (2 tim), Tajikistan, Thailand, Uni Emirat Arab, Uzbekistan dan Vietnam.

APhO ke-21 ini merupakan olimpiade tingkat Asia pertama yang diselenggarakan secara daring. Semua peserta olimpiade dikumpulkan di satu lokasi di masing-masing negara untuk mengikuti tes dalam pengawasan dua orang yang ditunjuk oleh penyelenggara Taiwan.

Selain itu, peserta juga diawasi secara daring menggunakan platform Microsoft teams. Terdapat 2 kali tes yaitu ujian teori dan ujian eksperimen yang dilakukan pada 2 hari berbeda. Pimpinan tim Indonesia adalah Hendra Kwee, Ph.D., Herry Kwee, Ph.D., Zainul Abidin, Ph.D. dan Jong Anly Tan, Ph.D.

Simak Video "Olimpiade Tokyo 2021 Akan Tanpa Penonton Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia