Mahasiswa RI di Kampus Terbaik Dunia Versi QS WUR 2022, Gimana Kuliahnya?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 11 Jun 2021 20:20 WIB
Maudy Ayunda
Maudy Ayunda salah satu mahasiswa Indonesia yang bekuliah di universitas terbaik dunia versi QS WUR 2022 (Foto: Instagram/@maudyayunda)
Jakarta -

Lembaga pemeringkat Quacquarelli Symonds merilis daftar kampus terbaik dunia QS World University Rankings 2022, Rabu (9/6/2021). Dari 10 universitas terbaik dunia versi QS WUR 2022 tersebut diantaranya diisi para mahasiswa Indonesia.

Adapun 10 besar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS WUR 2022 yaitu Massachusettts Institute of Technology (MIT), University of Oxford, Stanford University, University of Cambridge, California Institute of Technology (Caltech), Imperial College London, ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology, UCL, dan University of Chicago.

Sejumlah mahasiswa Indonesia di universitas terbaik dunia memiliki kanal media sosial yang memuat kehidupan perkuliahannya di kampus. Tidak jarang juga para mahasiswa Indonesia ini berbagi tips studi dan tips mendaftar di kampusnya.

Nah, kamu bisa melihat pengalaman kuliah mereka sambil menambah motivasi belajar di universitas terbaik dunia ini lewat kacamata para mahasiswa RI di sana.

Berikut beberapa kanal mahasiswa Indonesia di kampus terbaik dunia yang bisa kamu simak:

1. Nadia Amalia, Massachussets Institute of Technology

Nadia Amalia menempuh pendidikan Master of Finance di Massachussets Institute of Technology. Sebelumnya, Nadia menempuh studi S1 Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia.

Di kanal Youtube "Nadia Amalia", Nadia berbagi cerita perjuangan diterima kuliah di MIT, bagaimana ujian S1, S2 dan S3 di MIT, proses pendaftaran MIT, dan keseharian kuliah selama karantina.

Kamu juga bisa mengunduh College Application Planner gratis di kanal Youtube Nadia.

2. Nadhira Nuraini Afifa, Harvard University

Nadhira Afifa menempuh studi S2 di Departemen of Global Health and Population, Harvard TH Chan School of Public Health, Harvard University dengan beasiswa LPDP. Sebelumnya, Nadhira menyelesaikan studi sarjana kedokteran di Universitas Indonesia.

Nadhira terpilih sebagai commencement student speaker dalam wisuda daring Harvard 2020 yang berlangsung 28 Mei 2020 lalu.

Di kanal Youtube "Nadhira Nuraini Afifa", Nadhira berbagi serba serbi perkuliahan dan kehidupan selama berkuliah di Harvard. Beberapa di antaranya yaitu tempat belajar yang nyaman, tips masuk Harvard, dan biaya hidup saat kuliah di Harvard.

Dalam salah satu video, Nadhira juga memperlihatkan keseharian perkuliahan teman sekamarnya yang berkuliah di Massachusettts Institute of Technology (MIT), peringkat satu perguruan tinggi terbaik dunia versi QS WUR 2022.

3. Maudy Ayunda, Oxford University dan Stanford University

Maudy Ayunda menempuh studi program magister joint-degree administrasi bisnis dan pendidikan di Standford University. Sebelumnya, Maudy mendapat gelar sarjana dari Oxford University pada jurusan PPE (Politics, Philosophy, and Economics).

Perempuan bernama asli Ayunda Faza Maudya ini membagikan pengalaman studinya di kedua perguruan tinggi terbaik dunia tersebut dalam kanal Youtube "Maudy Ayunda".

Di kanal tersebut, ia memuat video keseharian berkuliah di Oxford dan QnA (Question and Answer) tentang perkuliahan di sana.

4. Viancqa Kurniawan, University of Cambridge

Viancqa Kurniawan menempuh studi S2 Development Studies di University of Cambridge, Inggris. Perempuan asal Pekanbaru ini menempuh studi S1 Financial Economics di Coventry University.

Perempuan bernama lengkap Viancqa Queentzana Kurniawan ini kerap berbagi kehidupan kuliah di Inggris di kanal Youtube "Viancqa Kurniawan".

Di videonya, Viancqa juga berbagi tips masuk University of Cambridge, tips persiapan aplikasi beasiswa dan kuliah, tips belajar untuk mahasiswa S1, proses kuliah di Inggris, hingga bekerja di Inggris sebagai mahasiswa internasional.

Gimana detikers, pengen daftar universitas terbaik yang mana nih?



Simak Video "Selamat! Maudy Ayunda Lulus dari Stanford"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia