Maudy Ayunda Borong Dua Gelar S2 di Stanford University, Jurusan Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 09 Jun 2021 18:21 WIB
Maudy Ayunda
Foto: Instagram: @maudyayunda
Jakarta - Artis berbakat dan pintar, Maudy Ayunda berhasil lulus dari Stanford University, Amerika Serikat. Stanford University bukan kampus sembarangan. Perguruan tinggi ini menduduki posisi terbaik kedua di dunia berdasarkan pemeringkatan World University Rankings Times Higher Education.

Momen kebahagiaan Maudy diabadikan di akun Instagram pribadinya. Artis yang lahir di Jakarta pada 1994 itu juga nampak anggun dengan kebaya merahnya.

"Saya sudah lulus! Dua tahun benar-benar berlalu. Kata-kata tidak dapat menggambarkan berapa banyak yang telah saya pelajari dari pengalaman ini, terutama karena diwarnai oleh tantangan yang unik dan tak terduga," tulis Maudy.

Dia menceritakan suasana belajarnya berubah kala pandemi COVID-19 menyerang hampir di seluruh dunia. Maret 2020, pengalaman belajar di Stanford University yang dirasakan oleh Maudy Ayunda berubah.

Semua kegiatan tatap muka dilakukan melalui virtual Tidak hanya itu, masker juga menjadi bagian dalam kegiatan sehari-hari yang tak bisa dia tinggalkan.

"Tapi di satu sisi, rasa keberadaan saya ditingkatkan. Saya didorong untuk melepaskan kendali, refleksi, dan prioritas. Saya harus memutuskan dengan cepat dan tanpa ada penyesalan tentang apa yang benar-benar penting bagi saya," jelas Maudy Ayunda.

"Saya bersyukur untuk setiap bagiannya. Sebuah hak istimewa yang luar biasa untuk bisa berjalan di (antara) tembok-tembok (kampus) ini. Saya berharap bisa membayarnya ke depan! Terima kasih untuk kalian yang mencintai dan mendukung saya tanpa syarat. Terima kasih terima kasih terima kasih," tulis Maudy.

Jurusan Maudy Ayunda

Maudy mendapat gelar sarjana dari Oxford University, Inggris pada jurusan P.P.E atau Politic, Philosopy, and Economics.

Saat melanjutkan studinya di Stanford University, Maudy Ayunda mengambil 2 jurusan. Ia mengambil Joint Degree Program (JDP) yang mana merupakan kombinasi dua gelar pasca sarjana yang dapat diambil mahasiswa secara bersamaan. Maudy memilih jurusan administrasi bisnis dan juga pendidikan.

"Dia adalah aktivis penuh semangat untuk pendidikan, pemberdayaan pemuda, dan masalah-masalah literasi. Maudy Ayunda mendirikan Inspira untuk mendukung perkembangan karier dan mementori anak muda di Indonesia," tulis Forbes.

"Sudah lama sejak saya memberi tahu kalian tentang studi saya, jadi ini dia! Di akhir semester pertama, aku melamar dan diterima untuk menjalankan satu jurusan tambahan: bidang pendidikan! Saat ini saya terdaftar dalam program gelar bersama, melakukan MBA dan MA dalam Pendidikan. Selain bisnis, aku ingin belajar banyak tentang pedagogi dan desain kurikulum... it really is my dream combo. Doakan supaya lancar ya teman2!" tulis Maudy di akun instagramnya.

Menurut laman resmi Stanford University, jurusan administrasi bisnis dan pendidikan akan mengenalkan mahasiswa kepada fitur bisnis pendidikan dan memahami mengapa bisnis pendidikan berbeda dari bentuk, isi, dan misinya.

Program MA/MBA ini merupakan program dua tahun yang mengintegrasikan gelar MA fleksibel dalam pendidikan dengan gelar MBA yang komprehensif. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh Maudy Ayunda:

1. Filantropi, Inklusivitas, dan Kepemimpinan

2. Pendekatan Kewirausahaan untuk Reformasi Pendidikan

3. Pemecahan Masalah untuk Perubahan Sosial

4. Gangguan dalam Pendidikan

5. Kepemimpinan Beragam sebagai Imperatif untuk Dampak

6. Kepemimpinan Strategis Organisasi Nirlaba dan Usaha Sosial

Nah itu tadi adalah penjelasan mengenai jurusan Maudy Ayunda. Semoga prestasi Maudy Ayunda dapat dijadikan inspirasi ya!

Simak Video "Selamat! Maudy Ayunda Lulus dari Stanford"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia