Catat! Ini 17 PTN Wilayah Barat yang Buka Seleksi Mandiri Masuk PTN

Nadhifa Sarah Amalia - detikEdu
Jumat, 21 Mei 2021 16:27 WIB
SMM PTN-Barat dilakukan secara daring oleh seluruh rektor perguruan tinggi negeri melalui Zoom, berpusat di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Foto: Universitas Bengkulu
Jakarta - Tahun ini Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat (SMM PTN-Barat) tetap dilaksanakan kendati pandemi masih berlangsung. SMM PTN-Barat kali ini dilakukan secara daring oleh seluruh rektor perguruan tinggi negeri melalui Zoom yang berpusat di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

SMM PTN-Barat 2021 diikuti oleh 17 perguruan tinggi negeri. Adapun ke-17 PTN ini tergabung di bawah Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

Ketua Panitia SMM PTN-Barat Samsul Rizal menyatakan akan ada penambahan satu perguruan tinggi dalam SMM PTN-Barat. Ia berharap di tahun-tahun mendatang akan semakin banyak kampus-kampus terkemuka di Indonesia bagian barat yang tergabung dalam SMM PTN-Barat.

"Meski pendaftaran ini hanya dilakukan secara daring, namun tidak mengurangi arti, dan kita berharap akan ada banyak PTN yang tergabung di SMM wilayah barat," kata Samsul dalam keterangan tertulis, Jumat (21/5/2021).

Adapun 17 PTN yang tergabung di dalam SMM PTN-Barat antara lain sebagai berikut.

1. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa UNTIRTA, Serang
2. Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh
3. Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung
4. Universitas Bengkulu (Unib), Bengkulu
5. Universitas Riau (Unri), Pekanbaru
6. Universitas Jambi (Unja), Jambi
7. Universitas Lampung (Unila), Bandar Lampung
8. Institut Seni Indonesia (ISI), Padangpanjang
9. Universitas Palangka Raya (UPR), Palangkaraya
10. Universitas Malikussaleh (Unimal), Lhokseumawe
11. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang
12. Universitas Bangka Belitung (UBB), Pangkalpinang
13. Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh
14. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI), Aceh
15. Universitas Siliwangi (Unsil), Tasikmalaya
16. Universitas Samudra (Unsam), Langsa
17. Universitas Islam Negeri (UIN), Jakarta

Kegiatan launching ini juga ikut dihadiri perwakilan bank mitra SMM PTN Barat yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI. Kehadiran Bank BSI pada kegiatan pendaftaran tahun ini menunjukkan kinerja bank syariah di Indonesia dalam menjamin sistem perbankan yang islami. Terutama fakta telah diberlakukannya Qanun Lembaga Keuangan Syariah di Aceh.

Adapun prodi yang ikut serta dalam SMM PTN-Barat ini adalah 338 prodi Saintek dan 237 prodi Soshum. Kuota yang diterima dalam proses pendaftaran mandiri ini ialah 7.601 untuk prodi Saintek dan 6.889 untuk prodi Soshum.

Menurut Ketua BKS PTN Wilayah Barat Fatah Sulaiman, jumlah uang pendaftaran yang dikeluarkan oleh setiap pendaftar adalah sebesar Rp 350 ribu dan berlaku sama untuk seluruh PTN.

"Uang pendaftaran itu bersifat mutlak dan akan hangus meskipun calon mahasiswa tidak melanjutkan hingga taraf seleksi. Uang pendaftaran itu dibayar melalui bank mitra yang telah ditetapkan," jelas Fatah.

Fatah menambahkan ijazah yang akan digunakan oleh calon mahasiswa adalah lulusan tiga tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021), kecuali untuk beberapa universitas berikut ini.

1. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Jambi (UNJA), dan Universitas Teuku Umar (UTU) menggunakan ijazah lima tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021).
2. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh menerima ijazah untuk lulusan 10 tahun terakhir yaitu mulai 2012 hingga 2021 dan Paket C maksimal umur 25 tahun.
3. Universitas Palangka Raya (UPR) 3 tahun terakhir (2019, 2020 dan 2021) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021) untuk fakultas lainnya.

Sedangkan metode ujian yang digunakan tahun ini sudah mengikuti model UTBK-SBMPTN yaitu Computer Assisted Test (CAT), yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang masih paper based-test.

Menurut Koordinator TIK Taufik Fuadi Abidin, keuntungan metode CAT yaitu hasil ujian bisa diketahui dengan cepat karena sistem komputer yang digunakan tersentralisasi dan lebih menjamin kepastian lulusan.

"Demikian pula, sistem CAT telah digunakan oleh LTMPT terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN selama tiga tahun terakhir dan dipuji banyak pihak mampu meminimalisasi human error," ungkap Taufik.

Sedangkan menurut Koordinasi Bidang Penjaminan Mutu E.S. Halimi, peserta ujian maksimal bisa memilih dua prodi baik pada satu PTN atau PTN yang berbeda. Peserta yang mendaftar dan ikut ujian tidak harus pada PTN yang dipilihnya.

"Misalnya peserta yang ikut ujian di Unri tidak harus memilih prodi yang ada di Unri, tapi boleh di PTN lain dari 17 PTN yang tergabung di dalam SMM PTN-Barat," tambah Halimi.

Demikian pula kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek meliputi Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi. Adapun kelompok ujian Soshum materi ujian TPS dan TKA-nya adalah Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi. Jadwal penting yang harus diingat oleh calon mahasiswa yang ingin mengikuti SMM PTN-Barat yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran dimulai 17 Mei 2021 pukul 16.00 WIB hingga 21 Juni 2021 pukul 16.00 WIB.
2. Pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat pada 28 Juni hingga 7 Juli 2021.
3. Pengumuman 14 Juli 2021 pukul 16.00 WIB.

Meskipun jadwal pendaftaran terlihat cukup panjang, para peserta sudah bisa mendaftar pada awal waktu, untuk menghindari terjadinya down system karena adanya penumpukan pendaftaran pada hari-hari terakhir. Ini juga untuk mengantisipasi gagal bayar di ATM bank-bank mitra. (fhs/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia