PTN Ini Punya Jalur Masuk Khusus untuk Youtuber, Buruan Cek!

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 19 Mei 2021 16:02 WIB
Happy asian woman vlogging with gimbal tripod and smartphone - Influencer chinese girl having fun with new trend technology - Millennial generation activity job, youth and tech concept - Focus on face
Foto: Getty Images/iStockphoto/DisobeyArt/PTN Ini Punya Jalur Masuk Khusus untuk Youtuber, Buruan Cek!
Jakarta - YouTube telah banyak digandrungi oleh anak muda. Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun membuka jalur masuk khusus bagi para Youtuber atau pemilik akun YouTube.

Tercatat, UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka jalur masuk khusus YouTuber. Detikers, tertarik seperti apa persyaratannya?

Syarat Masuk PTN Jalur Youtuber:

  • UPN Veteran Jakarta

UPNVJ membuka jalur masuk khusus Youtuber pada seleksi mandiri atau SEMA. Syarat Youtuber yang ingin mengikuti seleksi ini adalah memiliki minimal 10 ribu subscriber.

Nantinya, mereka akan mengikuti uji keterampilan sesuai jadwal yang ditentukan. Menurut Tim Humas UPNVJ, dibukanya jalur khusus Youtuber karena pertimbangan manfaat yang bisa didapatkan dari para insan muda tersebut.

Sebab, para Youtuber dinilai memiliki ide serta kreativitas di atas rata-rata. UPNVJ sebagai PTN pun berupaya untuk terlibat dalam pengembangan generasi bangsa tersebut.

"UPNVJ sebagai perguruan tinggi merasa mempunyai kewajiban untuk terlibat mengembangkan generasi bangsa yang mempunyai potensi luar biasa. UPNVJ memandang para YCC/YouTuber ini adalah orang yang cerdas. Secara akademik, UPNVJ melihat kecerdasan dalam hal kecerdasan visual. Disamping itu, dalam pandangan UPNVJ, YCC/YouTuber itu memiliki kemampuan untuk meng-create segala sesuatu," bunyi keterangan tersebut.

Sementara itu, syarat lain youtuber yang ingin masuk UPN Veteran Jakarta adalah, sebagai berikut

-Mengikuti UTBK SBMPTN 2021
-Tidak memilih prodi di UPN Veteran Jakarta pada SBMPTN 2021
-Hanya dapat memilih dua prodi (kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran)
-Biaya pendaftaran SEMA UPN Veteran Jakarta Rp 275.000

Syarat Masuk Jalur Youtuber Unnes. Klik selanjutnya>>>



Simak Video "Saatnya Guru Jadi 'YouTuber' Andal Lewat Program Akademi Edukreator"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia