Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan Bakal Jadi Apa? Yuk Cek di Sini

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 26 Apr 2021 18:07 WIB
Tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Gerakan semangat membaca pun terus digaungkan untuk dorong antusias generasi muda RI dalam hal literasi.
Ambil kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan, kamu bakal kerja apa saja? (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Program studi atau prodi ilmu perpustakaan sering kali dipandang sebelah mata. Lulusannya sering dianggap hanya dapat bekerja pada bidang yang "bergelut" dengan buku-buku saja seperti dunia perpustakaan.

Padahal prodi ini memiliki banyak kelebihan dan prospek kerja yang menarik lo. Berikut adalah fakta-fakta yang harus detikers ketahui mengenai prodi ilmu perpustakaan.

Fakta-fakta prodi ilmu perpustakaan ini dikutip dari Instagram resmi Ditjen Dikti. Berikut adalah penjelasannya:

Kelebihan Prodi Ilmu Perpustakaan:

1. Prodi Ilmu Perpustakaan Mempelajari Banyak Hal

Hal-hal yang dipelajari tidak hanya seputar dengan buku yang berakhir menjadi pustakawan saja. Di prodi ini detikers akan belajar pentingnya ketelitian dan kerapihan dalam mengelola data. Prodi ini juga akan mengajarkan detikers tentang etika kepustakaan dan melatih daya analisa individu.

2. Pengaplikasian Keilmuan untuk Kepemimpinan dan Manajemen

Prodi ini juga akan membantu kalian untuk menjadi konsultan informasi atau konsultan perpustakaan yang kompeten. Hal ini dikarenakan prodi ini akan melatih mahasiswa untuk memahami lebih dalam mengenai ilmu perpustakaan dan mendorong mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu keperpustakaan dalam kepemimpinan dan manajemen pada lembaga informasi modern.

3. Belajar Mengatur Perpustakaan Secara Online

Tidak hanya mengatur buku-buku secara fisik, prodi ilmu perpustakaan juga mempelajari cara mengatur dengan buku-buku secara online. Pengaturan buku-buku secara online terdiri dari pengaturan e-book, jurnal elektronik, dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Lulusan Prodi Ilmu Perpustakaan

Lulusan dari prodi ilmu perpustakaan akan memiliki daya analisis yang kuat dan dapat menggunakan teknologi informasi dengan baik. Berikut adalah prospek kerja kedepannya yang cocok untuk prodi ilmu perpustakaan:

1. Information Specialist

Kuliah di prodi ilmu perpustakaan bisa membuat kalian menjadi terampil dalam mengelola informasi. Bahkan bisa mengelola informasi dalam berbagai macam bentuk seperti database, website, atau sistem informasi lainnya.

2. Arsiparis

Setiap perusahaan pasti memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola dengan baik. Pengelolaan atau arsip memiliki tujuan agar perusahaan dapat menemukan dengan mudah informasi yang dicari atau biasa disebut information retrieval.

3. Instansi Pemerintah

Lulusan ilmu perpustakaan juga berpotensi bekerja menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN). Kini banyak instansi pemerintahan yang membuka lowongan CPNS untuk lulusan prodi Ilmu Perpustakaan. Hal ini dikarenakan pemerintah memiliki banyak arsip dan harus dikelola dengan baik. Maka jurusan ilmu perpustakaan bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Administrasi

Lulusan ilmu perpustakaan juga dapat bekerja di bidang administrasi. Hal ini dikarenakan pada prodi ilmu perpustakaan sangat andal dalam mengolah suatu data yang kemudian dapat menyampaikan informasi tersebut dengan baik secara lisan maupun tulis.

5. Pustakawan

Selain menjadi pustakawan konvensional, lulusan prodi ilmu perpustakaan dapat menjadi pustakawan pada perpustakaan modern. Pustakawan modern sendiri dapat membuat berbagai macam acara di luar perpustakaan seperti taman baca atau gerakan literasi informasi.

Berikut adalah beberapa universitas yang memiliki prodi ilmu perpustakaan:

1. Universitas Indonesia (UI)

2. Universitas Padjajaran (Unpad)

3. Universitas Diponegoro (Undip)

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)

5. Universitas Airlangga (Unair)

6. Universitas Brawijaya (UB)

7. Universitas Sumatera Utara (USU)

Penjelasan di atas adalah kelebihan dan prospek kerja prodi ilmu perpustakaan. Apakah detikers tertarik untuk berkuliah di prodi ini? (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia