Peringkat 62 Dunia, IPB Jalin Kerjasama Internasional Ini

Rahma I Harbani - detikEdu
Sabtu, 24 Apr 2021 17:04 WIB
Kampus IPB/ipb.ac.id
Foto: Kampus IPB/ipb.ac.id
Jakarta -

Lembaga pemeringkatan QS merilis QS World University Ranking by Subject 2021 pada Maret lalu. Hasilnya disebutkan IPB University meraih peringkat ke-62 dunia dalam kategori kampus pertanian dan kehutanan terbaik dunia.

Menurut Rektor IPB University Arif Satria, dampak dari peringkat yang diraih yakni memudahkan IPB University untuk menjalin kerjasama konsorsium internasional.

Hingga saat ini, IPB University tergabung dalam 14 konsorsium riset baru.

Arif menambahkan, karena itu, peringkat dunia tersebut bukan hanya untuk sekadar menjaga reputasi. Tetapi diperlukan strategi dalam mempersiapkannya.

"Saat ini IPB University telah tergabung dalam 14 konsorsium riset baru. Ini karena posisi kami di perankingan dunia. Jadi perangkingan itu bukan sekadar menjaga reputasi akan tetapi membutuhkan strategi, butuh effort, butuh data yang harus dipersiapkan," kata Arif dalam rilis yang diterima detikEdu, (24/4/2021).

Saat ini, IPB University sedang fokus pada hasil peringkat QS World University Ranking by Subject 2021, yaitu peringkat ke-62 bidang pertanian dan kehutanan dunia.

Peringkat tersebut guna mendukung dan mempermudah akses bagi IPB University https://www.detik.com/tag/ipb-university untuk melakukan kegiatan internasional.

Arif pun menyebut faktor yang membuat perguruan tinggi di Malaysia masuk dalam peringkat di bawah 200 besar dunia dan lebih tinggi dari Indonesia. Hal ini karena adanya koordinasi yang baik antara kementerian dengan perguruan tinggi di sana.

"Ada sekitar lima perguruan tinggi yang terkonsolidasi oleh kementerian sehingga mereka mengambil langkah secara bersama-sama. Sehingga saya berharap perguruan tinggi di Indonesia juga melakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan universitas di Malaysia. Bergerak bersama saling memperkuat untuk masuk perangkingan menuju ke 100 besar dunia," jelas Rektor IPB University tersebut.

Sementara itu, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Ismunandar menyatakan, peringkat perguruan tinggi penting untuk meningkatkan kualitas kampus serta tidak melupakan Tridarma Perguruan Tinggi.



Simak Video "KuTips: Cara Baca Al-Qur'an dengan Tanda Waqaf"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia